potoshop


Cara Membuat Efek Tinta Di Photoshop

Pertemuan kali ini kita akan Cara Membuat Efek Tinta Di Photoshop. sebelum kita memulai sebenarnya kita harus tau terlebih dahulu bentuk dari tinta pulpen itu sendiri. disini kita menggunakan efek tinta pulpen yang memiliki tinta yang sangat cair seperti pulpen - pulpen untuk tanda tangan biasanya. Proses pembuatan efek ini banyak mengajarkan kita tentang teknik penggabungan beberapa tool di photoshop, bahwa setiap tool yang sudah kita gunakan ternyata akan menghasilkan sesuatu yang lebih menarik jika kita tambahkan beberapa efek setelahnya. selain itu hasil efek tinta ini bisa dijadikan sebagai background dan wallpaper pada dekstop komputer.

Dibawah adalah 2 warna hasil dari Tutorial photoshop kita kali ini. gambar yang akan kita hasilkan bisa di pakai untuk texture pada beberapa objek , seperti tekstur lantai maupun tekstur Kaca.



Cara Membuat Efek Tinta Di Photoshop
Step 1
Buat lembar baru dengan ukuran 1600 x 1200 pixel background White atau putih. 


Step 2
Buatlah layer baru yang kosong diatas background kita. pastikan Foreground dan background Hitam Putih dengan cara menekan D.
Lanjutkan pergi ke Filter - Render - Clouds, ini adalah dasar dari bentuk yang akan kita buat yaitu clouds atau awan.

Baca juga : 
cara membuat teks awan di photoshop

Warna dari cloud tergantung pada Foreground dan Background kita - Hitam dan Putih, jika warnanya Merah dan putih maka hasil clouds yang akan kita dapatkan adalah awan merah dan putih.


Pergi ke Image - Adjusment - Posterize lalu masukkan angka 10 , tekan OK. 

 Step 3
Pergi ke Filter - Style - Find Edges. anda langsung akan melihat Garis pinggir dari semua pertemuan warna pada gambar sebelumnya. nah, garis inilah yang kita cari. namun pada step ini warna yang kita punya belum padat, maka dari itu kita lanjutkan ke step selanjutnya.

 Step 4
Perfi ke Image - Adjustment - Equalize. warna hitam pada gambar akan terlihat lebih padat sekarang.


Step 5
Memberikan efek pada garis terlihat seperti goresan tinta Pulpen.
Pergi Ke Filter - Distort - Ripple. untuk pengaturan disini saya menggunakan Amount 648 % ,Size Medium. 

Step 6
Memberikan warna.
Tekan CTRL B atau  pada Image - Adjusment - Color Balance. Buat Midtones - nya sama seperti nilai dibawah -35 -35 +100 untuk menghasilkan warna biru. sebenarnya warna yang kita hasilkan disini cuman sebagai pelengkap untuk step terakhir. soalnya kalau tidak diberi warna Effect yang akan kita gunakan kurang baik hasilnya.


Step 7
Pergi ke Filter - Sketch - Note Paper.


Pengaturan yang saya buat adalah Image balance 34 - Graininess 10 - Relief 14. silahkan mencoba nilai lain jika masih belum puas. tekan ok jia sudah, dan lihat hasilnya.

Step 8
Pergi ke New Adjusment Layer - Selective Color. ini sebenarnya sama dengan penerapan pada image - adjusment. perbedaanya , disini kita membuat adjustment - nya memiliki layer jadi kita bisa mengubah pengaturannya kapan pun jika kia mau.


Selanjutnya kotak pengaturan akan muncul, Pada tab Color - kita pilih warna yang sama dengan garis kita, jadi saya memilih warna Cyan agar ketika kita mengubah nilainya hanya berpengaruh pada warna pilhan saja. atur semua pilihannya sesuai keinginan - dan lihat gambar, efek perubahan pada warna akan terjadi ketika anda menggeser ke 4 pilihan warna tersebut.



Komentar

Postingan Populer