PROPOSAL PENELITIAN




Judul : Nilai-nilai sosial dalam novel Retrain Karya Winna Efendi

A.    Pendahuluan
Latar Belakang
Karya sastra adalah bentuk komunikasi khas berupa bahasa yang diabadikan pada fungsi estetika atau gambaran atau cerminan keadaan masyarakat, bahkan merupakan cerminan jiwa pribadi sastrawan Pencipta karya itu sendiri. Sastrawan lebih sering menuangkan ide dan gagasannya ke dalam buku, juga terinspirasi pada kehidupannya atau kehidupan orang lain. Bisa tertuangkan pada sebuah buku atau bisa disebut seperti novel, cerpen dan lain sebagainya.
Salah atu karya sastra adalah novel pengertian novel sendiri adalah karangan prosa yang panjang mengandung rangkaian cerita kehidupan seseorang dengan orang disekelilingnya dengan menonjolkan watak dan sifat setiap pelaku. Di novel biasanya menceritakan tentang kisah, sejarah yang dikemas atau dibumbui dengan percintaan, dan juga menceritakan sebuah hubungan persahabatan serta banyak lagi.
Sudah terdapat banyak karya sastra berupa novel, salah satu novel adalah novel Refrain. NovelRefrain ini hasil karya Winna Effendi. Yang menceritakan tentang dua orang yang bersahabat sejak umur 5 tahun bernama Nata dan Niki. Mereka meiliki sifat berbeda, hingga beranjak dewasa dan Nata menyukai Niki, Niki tidak menyukai Nata dan Analis menyukai Nata

Tujuan
1.      Mengetahui nilai sosial yang terdapat dalam Novel Refrain
2.      Memetik pelajaran dari novel terserbut

Manfaat
Dapat memetik betapa pentingnya pertemanan atau persahabatan dari pada cinta, saling menghormati dan mengalah



BAB I
B.     Kajain Teori
2.1. Novel
Novel adalah karangan prosa yang panjang yang mengandung rangkaian cerita kehidupan seseorang dengan orang disekelilingnya dengan menonjolkan watak dan sifat setiap pelaku. Kata Novel berasal dari bahasa Italia Novelia yang artinya “Sebuah Kisah atau sepotong berita”. Novel lebih panjang (stidaknya 40.000 kata) dan lebih kompleks dari cerpen dan tidak dibatasi keterbatasan struktural dan material sandiwara atau saja. Umumnya sebuah novel bercerita tentang tokoh-tokoh dan kelakuan mereka dalam kelakuan sehari-hari, dengan menitik beratkan pada sisi-sisi yang aneh dari naratif tersebut, novel dalam bahasa Indonesia dibekanan dari roman. Sebuah roman alur ceritanya lebih komplek dan jumlah pemeran atau tokoh cerita juga lebih banyak.
2.2. Nilai Sosial
Nilai sosial adalah hal-hal yang berhubungan dengan manusia atau berkaitan dengan kegiatan kemanusiaan sosial dalam suatu masyarakat.
Novel Refrain menceritakan tentang 2 orang yang bersahabat sejak keci bernama nata dan niki. Mereka berdua amat senang menghabiskan waktu berdua di taman belakang yang terdapat trampoline, di trampoline itulah niki dan nata sering bercanda dan melakukan rutinitas berdua hingga pada suatu ketika, Niki bertanya kepada Nata tentang siapa yang akan jatuh cinta terelbih dahulu, di sekolah Niki dan Nata mendapatkan teman baru yang berma aAnna, Anna ini adalah seorang anak dari model terkenal yagn di idolakan oleh Niki. Akhirnya Niki, Nata dan Anna bersahabatan . ternyata diam-diam Anna menaruh rasa sayang kepada Nata. Di sisi lain Nata pun merasakan ada yang berubah dari diri seorang Niki yang kemudian membuat jantungnya berdegub lebih kencang keika bersama Niki. Anna kemudian mengetahui bahwa Nata menyukai Niki.
Suatu hari, Niki di ajak berkenalan oleh ketua basket lawan tim SMA nya, Oliver. Niki sangat gugup ketika sekolah berkenaan Oliver mengajak Niki untuk makan malam bersama. Walaupun gugup dan malu Niki menerima ajakan Oliver.
Tidak hanya itu, dimalam kencan pertama Niki , ia amat sangat senang karena Oliver menyatakan perasaannya kepada Niki dan tanpa pikir panjang Niki menerima akana Oliver untuk menjadi kekasihnya. Keesokan harinya Niki yang amat senang itu bercerita kepada kedua sahabatnya, Nata dan Anna bahwa Niki dan Olive resmi pacaran. Nata terkejut, dan berkata bahwa Oliver tidak cocok untuk Niki. Niki marah pada Nata.  Di dalam hari, Nata amat sangat sedih dan cemburu berbedan dengan Niki yang senang karena baru pertama kali merasakan jatuh cinta.
Nata dan Niki di ajak oleh Anna kerumahnya betapa kagetnya Niki ketika melihat sebuah kotak yang berisi foto Nata, Anna terkejut melihat apa yang dilakukan oleh Niki, hingga akhirnya Anna memberanikan diri untuk menyatakan perasaannya pada Nata, walaupun dia tai isi hati Nata yang sesungguhnya.
Suatu hari, Niki bermain ke kamar Nata, dan Niki penasaran dengan buku yagn berada di atas meja. Nata terkejut ketika memilih Niki memegang buku tersebut. Niki lemas karena sadar bahwa buku tersebut berisikan perasaan Nata kepada Niki. Dengan gugup, Nata memberanikan diri menyatakan perasaannya epada Niki, tanpa menjawab sedikitpun Niki meninggalnkan Nata. Persahabatan mereka pun menjadi senggang
Setelah hari itu, Nata berusaha memperbaiki persahabatan merekea, tetapi Niki yang marah dengan Nata. Nampaknya Niki asik sendiri dengan kehidupannya yang sekarang, Niki yang memiliki cinta pertamanya. Hingga suatu ketika, SMA pelita mengadapak perpisahan, Niki mengajak Oliver, tetapi Oliver mendadak tidak bisa. Niki kaget bukan main ketika melihat Oliver datang ke perpisahan tersebut bersama wanita lain. Niki pergi meninggalkan tempat pesta perpisahan itu. Tanpa Niki ketahui, Nata datang menjemput Niki. Hingga akhirnya, Niki dan Nata sepakat untuk berbicara berdua di trampoline. Mereka akhirnya berbaikan.
Kelulusan akan segera tiba, Niki masih bingung harus kuliah atau tidak, sedangkan Anna memutuskan kuliah dan Niki sudah mendapat beasiswa di Australia, jurusan music. Malamnya, Niki dan Nata memutuskan untuk menghabiskan waktu di trampoline. Mereka mengenang masa kecil bersama di trampoline. Keesokan harinya, perpisahan antara Nata dan Niki pun tiba, mereka menangis karena akan berpisan. Nata mengecup kening niki dnegan lembut, membekaskan seluruh rasa rasa cintanya pada gadis itu. Mereka berdua menangis dan Nata berkata dalam hari “Gue akan segera pulan dan saat itu gue akan melepaskan lo lagi”
Setelah hampir 5 tahun berpisah, Nata kembali ke Indonesia, dan ingin bernostalgia di sekolah SMA nya dahulu. Betapa terkejutnya Nata ketika mendengar seseorang mengambil namanya dengan perasaan riang. Niki, ya wanita yang di sayang oleh Nata menjadi guru di sekolahnya dahulu. Merekapun akhirnya bersatu kembali.

3.      Metode Penelitian
1.      Metode Kualitatif
Metode kulaitatif adalah metode penelitian ilmiah secara sistematis, terencana dan terstruktur dengan jelas sejak awal hingga hasil akhir penelitian berdasarkan pengumpulan data informasi yang berupa simbol angka atau bilangan.
Penulis melakukan penelitian dengan cara mengkaji sumber pustaka yang berkaitan dengan novel dan nilai sosial. Penulis mengkaji novel Refrain tersebut dan menganalisis nilai sosial di dalamnya.
Komunikasi khas berupa bahasa yang diabdikan pada fungsi estetika atau gambar atau cerminan keadaan masyarakat, bahkan merupakan cerminan jiwa pribadi sastrawan pencipta karya itu sendiri

Daftar Pustaka
Haryanta, Agung Tri, 2012. Kamus Sastra Indonesia dan kebahasaan
Klaten : PT Macanan Jaya Cemerlang

Komentar

Postingan Populer