“PEMELIHARAAN LAMPU TANDA BELOK DAN KLAKSON”


LAPORAN PRAKTIKUM
“PEMELIHARAAN LAMPU TANDA BELOK DAN KLAKSON”


DAFTAR ISI

SAMPUL JUDUL
LEMBAR PENGESAHAN
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI

BAB I  PENDAHULUAN
·         Latar Belakang
·         Tujuan
·         Waktu Pelaksanaan

BAB II PROSES PRODUKTIF
·         Gambar Kerja
·         Persiapan Alat dan Bahan
·         Lampu Tanda Belok
·         Klakson

BAB III PENUTUP
·         Kesimpulan
·         Saran






BAB I
PENDAHULUAN

·         Latar Belakang
Pembuatan laporan ini diajukan untuk membentuk kompetensi peserta didik dalam mata diklat memperbaiki sistem pengapian. Sarana  transportasi merupakan salah satu alat bantu manusia untuk mengangkut  dan mengantarkan sampai ke tempat tujuan. Alat ini tidak mungkin selamanya dapat membantu manusia suatu ketika dapat mengalami  gangguan atau  kerusakan dimanapun  berada. Gangguan dan kerusakan pada  alat transportasi dapat diatasi apabila kita tahu  cara perawatan   dan perbaikannya. Untuk itu dalam laporan ini  akan dibahas cara merawat dan memperbaiki gangguan kerusakan pada alat transportasi bermotor khususnya  pada sistem  pengapian  dan komponennya.
Perawatan  dan perbaikan kendaraan bermotor bukan merupakan bentuk kerja yang menghasilkan barang, tetapi merupakan bentuk pelayanan atau jasa yang memerlukan kerahlian dan keterampilan khusus dibidang tersebut. Bagi masyarakat  pemilik alat transportasi  jenis kendaraan bermotor  tidak perlu khawatir  apabial kendaraannya mengalami gangguan atau kerusakan. Hal ini karena perkembangan bengkel  peralatan  dan perbaikan motor sudah semakin banyak dan menggunakan ahli dan teknologi canggih. Selain itu sebaiknya para pemilik kendaraan bermotor juga  membekali diri  tentang bagaimana cara merawat  dan memperbaiki kendaraanya.

·         Tujuan
Tujuan penulisan laporan ini adalah :
1.      Sebagai  syarat mengikuti  Ujian Semester  Genap di SMK  Trisakti Ngawi
2.      Menempuh mata diklat Memperbaiki Sistem  Pengapian (020/KK.17)
3.      Menambah  wawasan dalam dunia otomotif terutama pada sistem pengapian dan komponennya.
4.      Supaya kendaraan dapat berfunsi dengan baik dan tidak mengalami gangguan dan kerusakan
5.      Supaya masyarakat  mengetahui tentang pentingnya perawatan dan perbaikan sistem pengapian secara turatur.

·         Waktu dan Pelaksanaan
Pembuatan Laporan ini dilaksanakan pada minggu ke II (dua)  sampai dengan minggu ke IV (empat) bulan Mei, bertempat di SMK Trisakti Ngawi.




BAB II
PROSES PRODUKTIF


·         Gambar Kerja

       Rangakaian Sistem Tanda Belok dan Hazzard

          Rangkaian Sistem Klakson

Rangkaian Lampu Kepala

Rangkaian Seluruhnya (Sistem Kelistrikan)

·         Alat dan Bahan
   1. Multitester
   2. Batteray
   3. Kabel
   4. Rangkaian untuk bahan praktek
   5. Buku pedoman
·         Keselamatan Kerja
   1. Berdoa sebelum dan sesudah praktek
   2. Memakai pakaian kerja ( wearpack )
   3. Menggunakan alat dan bahan sesuai fungsinya
   4. Menggunakan buku pedoman/petunjuk praktek 
·         Langkah Kerja
   1. Menyiapkan alat dan bahan yang akan digunakan
   2. Merangkai sistem penerangan dan klakson
       a) Merangkai system lampu kepala 
Merangkai system lampu tanda belok dan hazard 
Ø Sistem lampu tanda belok berfungsi untuk memberi isyarat pada kendaraanyang lain bahwa pengendara bermaksud untuk belok. Sedangkan sistem lampuhazard berfungsi untuk memberi isyarat keberadaan kendaraan dari bagiandepan, belakang dan kedua sisi selama berhenti,parker atau dengan kata laindigunakan kendaraan pada saat darurat.
Ø Cara kerja sistem lampu tanda belok adalah : Arus mengalir dari baterai ke  kunci kontak, flasher, saklar lampu dan dari saklar lampu ke lampu tanda belok dan lampu indikator sehingga salah satu lampu tanda belok akanberkedip. 
Ø Cara kerja lampu tanda bahaya adalah : Bila saklar lampu tanda bahaya pada posisi ON, maka arus akan mengalir ke IG kunci kontak, sekering, flasher, dan  saklar lampu hazard lalu diteruskan ke lampu, maka keduanya akan menyala. 
Ø Menguji rangkaian lampu tanda belok dan lampu hazard : Menghubungkanrangkaian dengan baterai kemudian mengoperasikanlampu tanda belok dan hazard. Dari hasil praktek lampu belok dan lampu hazard dapat menyaladengan baik. 
Merangkai system klakson 
Ø Cara kerja system klakson : Jika tombol klakson ditekan maka arus daribaterai mengalir ke sekering kemudian ke kumparan relay sehinggakumparanakan timbul kemagnetan dan menghubungkan kontak pada relay, kemudian arus diteruskan ke saklar lalu ke massa. Dengan demikian arus dari bateraiakan mengalir ke klakson, sehingga klakson akan bekerja/berbunyi. 
Ø Menguji rangkaian klakson : Pengujian dilakukan dengan cara menghubungkansystem klakson dengan baterai kemudian menekan tombol klakson. Dari hasilpraktek klakson dapat bekerja dengan baik. 
Pengujian rangkaian
Setelah selesai merangkai, langkah selanjutnya menguji rangkaian keseluruhan. Darihasil pengujian, semua rangkaian bekerja dengan baik. Mengembalikan dan merapikan alat dan bahan ke tempat semula.



BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan
             
Kelistrikan adalah sifat benda yang muncul dari adanya muatan listrik. Listrik dapat juga diartikan sebagai kondisi dari partikel subatomik tertentu, seperti elektron dan proton, yang menyebabkan penarikan dan penolakan gaya di antaranya. Listrik adalah sumber energi yang disalurkan melalui kabel. Pada dasarnya sebuah rangkaian listrik terjadi ketika sebuah penghantar mampu dialiri electron bebas secara terus menerus lalu dialirkan ke klakson ataupun lampu.
Di dalam listrik dikenal adanya arus listrik yaitu banyaknya muatan listrik yang mengalir tiap satuan waktu.
Hambatan listrik adalah perbandingan antara tegangan listrik dari suatu komponen elektronik (misalnya resistor) dengan arus listrik yang melewatinya.
Tegangan listrik (kadang disebut sebagai Voltase) adalah perbedaan potensi listrik antara dua titik dalam rangkaian listrik, dinyatakan dalam satuan volt.
Sumber energi listrik adalah benda yang dapat menimbulkan arus listrik. Sumber energy listrik ada yang kecil dan ada yang besar. Beberapa contoh sumber energi listrik adalah: baterai, aki, dan generator.


B.     Saran
            Untuk mempelajaripemeliharaan lampu tanda belok dan klakson listrik kita harus update tengtang pengetahuan atau penemuan terbaru karena pada dasarnya ilmu pengetahuan dan teknologi sangatlah berkembang dengan cepat. Dan lakukanlah untuk mempelajarinya dengan percobaan-percobaan yang sederhana agar kita dapat percaya mengenai berbagai materi yang kita pelajari


Komentar

Postingan Populer