LAPORAN KUNJUNGAN INDUSTRI


LAPORAN KUNJUNGAN INDUSTRI
HOTEL LORIN SOLO


DAFTAR ISI

Kata Pengantar
BAB 1 : PENDAHULUAN
Latar Belakang............................................................................................................ (3)
            PEMBAHASAN
A.    Table Manners...................................................................................................... (4)
B.     Maksud dan Tujuan Table Manners..................................................................... (5)
C.     Manfaat Kegiatan Table Manners........................................................................ (5)
BAB 2 : PENUTUP
            Kesimpulan.................................................................................................................(9)


BAB 1
PENDAHULUAN

Latar Belakang
Latar belakang diadakanya kunjungan industri ini agar siswa mengenal dunia kerja. Selain itu siswa dapat mengetahui lebih jauh tentang cara kerja, kedisiplinan, tata tertib kerja.
Siswa juga diharapkan tidak menganggap kunjungan industri sebagi rekreasi, tapi menganggap kunjungan industri sebagai sarana belajar dengan cara mendatangi industri secara langsung, dan melihat urutan – urutan proses kerja di industri tersebut.
Laporan hasil kunjungan industri ............................. jurusan perhotelan pada tanggal 4 mei 2019 melakukan kunjungan industri di Hotel Lorin Solo.
Tujuan dari kegiatan kunjungan Industri ini adalah untuk mengenalkan
siswa ............................  pada Dunia Industri.
Manfaat Kunjungan Industri
Tujuan diadakannya kunjungan industri bagi siswa sebagai berikut:
1. Memperluas pengatahuan siswa dalam lingkungan dunia kerja.
2. Mendorong siswa agar mempunyai minat bekerja di perusahaan.
3. Memberi informasi tentang cara kerja dan tenaga kerja perusahaan.
4. Mendorong siswa agar mempunyai rasa kedisiplinan dan tanggung jawab.
5. Membantu siswa melaksanakan program magang.




PEMBAHASAN
HOTEL LORIN SOLO
Hotel  Lor International Solo adalah salah satu hotel terbesar di kota Solo yang mempunyai banyak fasilitas representatif dan bergerak dengan konsep resort, yaitu penataan lingkungan hotel yang dikondisikan sebagaimana aslinya di alam. dan karena penataan lay out hotel yang menarik tersebut juga menjadikan hotel ini sering dimanfaatkan masyarakat sebagai tempat pesta, tempat meeting, gathering, acara reuni, tempat makan malam, tempat berenang, bahkan sebagai tempat rekreasi atau sekedar outbond.Dan Lor Internasional Hotel Solo termasuk hotel berbintang 5 dan itu menunjukkan bahwa hotel Lor Internasional Solo adalah hotel yang berkualitas dan berkelas.Fasilitas yang disediakan oleh hotel Lor Internasional Solo bermacam macam diantaranya kamar hotel yang nyaman dan berkelas dengan harga yang variatif, restaurant yang dilengkapi dengan Bars, Tempat meeting dan gathering dengan berbagai type dan tata ruang yang menarik, lingkungan hotel yang berkonsep alami cocok untuk standing party event, tempat pemancingan, swimming pool, outbond fun games area, Gym center, bahkan Rumah Spa termasuk bagian dari fasilitas pelengkap yang disediakan oleh Hotel Lor Internasional untuk para tamu yang datang.
A.    Table Manners
Etika pergaulan skala nasional maupun internasional tidak lepas dari tata cara jamuan atau “TABLE MANNERS”. Etika makan atau Table Manners adalah aturan yang harus dilakukan saat bersantap bersama di meja makan. Mempelajari etiket di meja makan bukan sekadar mengetahui tata krama saat makan atau menggunakan alat makan. Menguasai table manner juga merupakan bentuk citra diri, bahkan profesionalisme . Pemahaman yang baik seputar table manner bahkan memengaruhi kesuksesan karier atau bisnis.
Meja makan adalah tempat terpenting di mana etiket Anda ditonjolkan. Orang lain akan mengenali, melihat, dan menilai diri Anda dari profesionalisme yang ditunjukkan di meja makan. Inilah sebabnya kita perlu belajar table manner.
Siapa pun kita, dengan berbagai profesi, perlu setidaknya mengetahui table manner. Misalnya kita seorang sekretaris, sangat mungkin diminta menggantikan atasan menghadiri undangan penting dalam jamuan makan. Bahkan, ibu rumah tangga pun perlu memahami table manner. Setidaknya, dengan memahami etiket ini, ibu bisa memilih gelas yang tepat untuk menjamu tamunya. Tanpa memahami table manner, seorang ibu bisa saja berbelanja sesuka hati, membeli gelas karena bentuknya yang indah tanpa tahu fungsi dan penempatannya, lalu menggunakannya tidak sesuai fungsinya.
B.     Maksud dan Tujuan
Dengan mempelajari table manner diharapkan perilaku kita yang sopan dan ber-etika akan mencerminkan diri kita dihadapan orang lain,dapat meningkatkan kepercayaan diri dihadapan orang lain,dan sebagai pengetahuan tambahan lingkungan keluarga.
C.     Manfaat yang didapat dari Kegiatan Table Manner
Sangat banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan. Selain sebagai pengalaman, Table Manner juga bisa membantu dalam penyesuaian diri  jika suatu saat mendapat jamuan resmi, sehingga nantinya tidak memalukan dan kikuk untuk dapat bergabung dengan rekan-rekan yang sudah terbiasa lainnya. Selain itu kegiatan table manner ini akan membuat kita lebih percaya diri, lebih luwes dalam perjamuan makan yang resmi.

  
BAB 2
PENUTUP
KESIMPULAN
           Dengan di adakan kunjungan industri seperti ini siswa-siswi di harapkan untuk berfikiran maju,kreatif,dan efisien.Sehingga dapat mengurangi perilaku yang bersifat negatif.Selain itu semangat dan kegigihan dalam berusaha itu ternyata sangatlah penting demi kelangsungan hidup.Tidak sampai disitu,dengan di laksanakannya kunjungan industri atau table manner ini sangatlah bermanfaat bagi siswa-siswi.Karena ini akan sangat berguna bagi kami yang akan terjun kedalam pergaulan dan dunia bisnis.Pengetahuan mengenai tatacara makan yang baik dan benar disuatu jamuan makan merupakan salah satu kunci keberhasilan.Table Manner sendiri juga merupakan etika dalam suatu jamuan makan yang telah di bakukan secara internasional.



Komentar

Postingan Populer