MAKALAH ANCAMAN INTEGRASI NASIONAL DALAM BERBAGAI BIDANG
BAB I
PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang
Keanekaragaman yang terjadi di Indonesia merupakan sebuah potensi sekaligus
tantangan. Dikatakan sebagai sebuah potensi, karena keanekaragaman yang
dimiliki tersebut akan membuat bangsa kita menjadi bangsa yang besar dan
memiliki kekayaan yang melimpah baik kekayaan alam maupun kekayaan budaya yang
dapat menarik minat wisatawan asing untuk mengunjungi Indonesia. Keanekaragaman
bangsa Indonesia juga merupakan sebuah tantangan bahkan ancaman.
Walaupun keanekaragaman bangsa Indonesia selalu diarahkan pada persatuan
dan kesatuan bangsa dan negara, tetap saja bangsa Indonesia selalu menghadapi
ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan baik yang datang dari dalam maupun
dari luar Indonesia. Salah satunya adalah ancaman terhadap aspek ideologi,
politik, ekonomi, sosial dan budaya bangsa Indonesia yang merupakan ancaman non-militer.
Ancaman non-militer merupakan golongan ancaman pertahanan yang sifatnya
tidak secara langsung mengancam kedaulatan, keutuhan, dan keselamatan bangsa.
Namun, resiko yang ditimbulkan dari ancaman non-militer dapat berimplikasi
mengganggu stabilitas nasional. Terganggunya stabilitas nasional tidak saja
menghambat pembangunan nasional, tetapi lambat-laun dapat berkembang menjadi
permasalahan yang mengancam persatuan dan kesatuan bangsa. Oleh karena itu,
untuk menghadapi ancaman tersebut diperlukan strategi yang tepat.
1.2. Rumusan Masalah
1.
Apa yang dimaksud dengan ancaman non-militer?
2.
Bagaimana strategi yang tepat dalam menghadapi ancaman dalam bidang ideologi?
3.
Bagaimana strategi yang tepat dalam menghadapi ancaman dalam bidang politik?
4.
Bagaimana strategi yang tepat dalam menghadapi ancaman dalam bidang ekonomi?
5.
Bagaimana strategi yang tepat dalam menghadapi ancaman dalam bidang sosial
budaya?
1.3. Tujuan Penulisan
1. Untuk
mengetahui definisi dari ancaman non-militer
2. Untuk
mengetahui strategi yang tepat dalam menghadapi ancaman di bidang ideologi
3. Untuk
mengetahui strategi yang tepat dalam menghadapi ancaman di bidang politik
4. Untuk mengetahui strategi yang tepat dalam menghadapi
ancaman di bidang ekonomi
5. Untuk mengetahui strategi yang tepat dalam menghadapi
ancaman di bidang sosial budaya
1.4 Manfaat Penulisan
1. Dapat menambah
ilmu
2. Kita dapat
lebih mengerti tentang apa arti dari ancaman non-militer
3. Kita dapat lebih
memahami tentang bagaimana strategi yang tepat dalam menghadapi ancaman
non-militer untuk menjaga stabilitas nasional serta persatuan dan kesatuan
bangsa Indonesia
BAB II
MATERI
2.1 Pengertian dari ancaman non-militer
Ancaman Non-militer adalah ancaman yang tidak
menggunakan kekuatan senjata tetapi jika dibiarkan akan membahayakan kedaulatan
negara, keutuhan wilayah negara, dan keselamatan segenap bangsa. Ancaman non-militer dapat berasal dari luar negeri atau
dapat pula bersumber dari dalam negeri. Yang bertugas menghadapi ancaman
non-militer adalah lembaga pemerintah di luar bidang pertahanan sesuai dengan
bentuk dan sifat ancaman yang dihadapi dengan di dukung oleh unsur unsur lain
dari kekuatan bangsa.
Inti pertahanan nonmiliter adalah
pertahanan secara nonfisik yang tidak menggunakan senjata, tetapi pemberdayaan
faktor-faktor ideologi, politik, ekonomi, psikologi, sosial budaya, dan
teknologi melalui profesi, pengetahuan dan keahlian serta kecerdasan untuk
mencapai kesejahteraan masyarakat yang berkeadilan. Sehingga dalam menghadapi
ancaman nonmiliter menempatkan lembaga pemerintah di luar bidang pertahanan
sebagai unsur utama, sesuai dengan bentuk dan sifat ancaman yang dihadapi
dengan di dukung oleh unsur-unsur lain dari kekuatan bangsa.
2.2 Strategi untuk menghadapi Ancaman di Bidang
Ideologi
Strategi di bidang ideologi ditujukan untuk mengatasi segala ancaman,
tantangan, hambatan, serta gangguan yang akan membahayakan kelangsungan
kehidupan Pancasila sebagai dasar filsafat bangsa dan negara. Strategi di
bidang ideologi menurut Noor Ms Bakry dirumuskan sebagai kondisi mental bangsa
Indonesia yang berlandaskan keyakinan kebenaran ideologi Pancasila yang
mengandung kemampuan untuk menggalang dan memelihara persatuan dan kesatuan
nasional dan kemampuan untuk menangkal penetrasi ideologi asing serta
nilai-nilai yang tidak sesuai dengan kepribadian bangsa.
Salah satu ancaman nonmiliter yang membahayakan kehidupan berbangsa dan
bernegara adalah ancaman yang berdimensi ideologi. Upaya menghadapi ancaman ini
adalah dengan kebijakan dan langkah-langkah politik yang tepat dan intensif
untuk mencegah meluasnya pengaruh ideologi lain terhadap ideologi Pancasila.
Strategi menghadapi ancaman ini dihadapi dengan konsep pertahanan berlapis
berikut:
1. Lapisan terdepan dalam konsep penanganannya terdiri
atas unsur-unsur pertahanan nonmiliter, yakni kementrian atau lembaga
pemerintah non-kementrian yang membidangi ideologi.
2. Kementrian serta unsur pemerintahan yang membidangi politik dalam
negri mengerahkan seluruh kekuatan politik serta instrument pemerintahan dalam
negri mulai dari tingkat pusat sampai dengan tingkat daerah guna menghadapi
ancaman berdimensi ideologi, sementara kementrian serta unsur pemerintahan yang
membidangi politik luar negri mengerahkan jajarannya yang tersebar disetiap
negara untuk penguatan langkah serta upaya diplomasi dalam menangkal
usaha-usaha pihak lain yang mengancam ideologi Pancasila.
3. Unsur pemerintah yang membidangi informassi
mendinamisasikan kekuatan nasional di bidang informasi untuk melakukan “operasi
informasi imbangan” sehingga masyarakat mendapatkan informasi yang dapat
menangkal berbagai pengaruh asing yang dapat memecah belah persatuan dan
kesatuan bangsa.
4. Unsur pemerintah yang membidangi pendidikan
melaksanakan proses pembelajaran dan kesadaran akan ideologi Pancasila secara
bertingkat dan berlanjut kepada para siswa dan mahasiswa disemua tingkat dan
jenjang Pendidikan Pancasila dan Pendidikan Kewarganegaraan.
5. Unsur pemerintah yang membidangi agama memberdayakan para pemimpin
agama untuk menjadi mitra pemerintah dalam menyinergikan strategi untuk
membentengi masyarakat dari ancaman penetrasi ideologi asing yang membahayakan
keamanan negara.
6. Peran lapis pertahanan militer dalam hal ini dilaksanakan
melelui program pelaksanaan bakti TNI yang secara intensif sesuai dengan
wilayah kerja unit TNI. Titik berat pelaksanaanya adalah dengan peningkatan
komunikasi sosial TNI yang diselenggarakan dalam format meningkatkan kesadaran
bela negara, dengan memanfaatkan program bela negara di lingkungan pekerjaan,
pendidikan dan perumahan dalam rangka revitalisasi Pancasila
Transcript of Ancaman Non-Militer dibidang Ideologi
Penyalahgunaan Narkoba (Narkotika dan obat-obatan terlarang) Banyaknya
tindakan korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN) Perusakan lingkungan. Lunturnya
persatuan dan kesatuan bangsa. Derasnya arus budaya asing yang masuk ke indonesia
Ancaman adalah yang menggunakan faktor-faktor non-militer yang dinilai
dapat membahayakan kedaulatan negara, kepribadian bangsa, keutuhan wilayah
negara, dan keselamatan segenap bangsa. dan Disebabkan oleh pengaruh negatif
globalisasi.Pengertian Ancaman Non-Militer
Ancaman Non-Militer
1. Ancaman Non-Militer DISUSUN OLEH: 1. ALIYAH HUSNUN AZIZAH (08) 2. ANINDA
QUINSY AURENTIA (10) 3. FIONA VICTOR ISWARA (13) 4. GHASANNI NURBANING TYAS
(14) 5. LOVIETASARI (18) 6. MAY PRADENTA M.P.N (21) 7. NADIAH SALSABILA RAHMAH
(26) 8. WINDA MARTHA R.T (31) 9. ZAHRA SALSABILA MUTIA (33) XI-MIPA-1
2. Pengertian Ancaman Non-Militer u Ancaman yang menggunakan faktor-faktor non-militer yang dinilai dapat
membahayakan kedaulatan negara, kepribadian bangsa, keutuhan wilayah negara,
dan keselamatan segenap bangsa. u Disebabkan oleh pengaruh negatif globalisasi
3. Bentuk Ancaman Non- Militer
4. Bentuk Ancaman Non-Militer Ancaman Non- Militer Ideologi Politik Ekonomi
Sosial Budaya
5. Ancaman di Bidang Ideologi u Segala bentuk ancaman yang dapat mengganggu ketahanan
nasional suatu negara yang dilakukan dalam tataran pemikiran, baik berasal dari
dalam maupun dalam negeri. u Akibatnya, dapat memicu disintegrasi nasional serta
menjadi ancaman bagi kepribadian bangsa yang sesungguhnya.
6. Ancaman di Bidang Ideologi u Ancaman Ideologi dari luar u Masuknya ideologi asing yang tidak sesuai dengan kepribadian bangsa,
seperti liberalisme, komunis, dan zionis. u Ancaman Ideologi dari dalam u Munculnya paham-paham radikal dan ekstrem u Munculnya berbagai aliran sesat di Indonesia u Provokasi dari kelompok masyarakat tertentu terhadap kelompok masyarakat
lainnya yang mengandung unsur SARA
7. Ancaman di Bidang Politik u Politik merupakan instrumen utama untuk menggerakkan
perang. Hal ini membuktikan bahwa kekuatan politik dapat menumbangkan suatu
sistem pemerintahan bahkan menghancurkan suatu negara. u Ancaman politik dari luar u Intimidasi u Provokasi u Blokade politik
8. Ancaman di Bidang Politik u Ancaman politik dari dalam u Sikap apatis terhadap pemerintah u Sikap mau menang sendiri dalam masyarakat suatu Negara u Permainan kotor para politisi dan pejabat Negara u Gerakan separatisme
9. Ancaman di Bidang Ekonomi u Ekonomi merupakan salah satu penentu posisi tawar
setiap negara dalam pergaulan internasional. Kondisi ekonomi sangat menentukan
dalam pertahanan negara. u Terjadi karena adanya globalisasi ekonomi. u Akibatnya, batas-batas suatu negara akan kabur dan keterkaitan antara
ekonomi nasional dengan perekonomian internasional akan semakin erat.
10. Ancaman di Bidang Ekonomi u Ancaman ekonomi dari luar u Masuknya produk asing ke dalam pasar domestik u Penguasaan ekonomi di Indonesia oleh pihak asing u Ancaman ekonomi dari dalam u Inflasi u Pengangguran u Infrastruktur yang tidak memadai u Hilangnya kecintaan terhadap produk dalam negeri
11. Ancaman di Bidang Sosial Budaya u Sosial budaya merupakan segala sesuatu atau tata nilai yang berlaku dalam
suatu masyarakat yang menjadi suatu ciri khas bagi masyarakat tersebut. u Penyebabnya, kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi u Ancaman sosial budaya dari luar u Munculnya gaya hidup konsumtif u Muncul sifat hedonisme u Munculnya gejala westernisasi u Adanya sikap individualisme u Memudarnya gotong-royong, dan kepedulian antar masyarakat u Lunturnya nilai keagamaan
12. Ancaman di Bidang Sosial Budaya u Ancaman sosial budaya dari dalam u Kemiskinan u SDM rendah u Keterbelakangan u Ketidakadilan
13. Strategi dalam Mengatasi Ancaman Non-Militer
14. Strategi dalam Mengatasi Ancaman Non-Militer u Segala usaha untuk mempertahankan kedaulatan negara, keutuhan wilayah
NKRI, dan keselamatan segenap bangsa dari ancaman aspek ideologi, politik,
ekonomi, sosial budaya, teknologi, dan lain-lain.
15. Strategi Mengatasi Ancaman Ideologi u Pengamalan Pancasila secara objektif dan subjektif ditumbuhkembangkan
secara konsisten u Pancasila sebagai ideologi terbuka perlu terus
direlevansikan dan diaktualisasikan nilai instrumentalnya u Bhineka Tunggal Ika dan konsep Wawasan Nusantara bersumber dari Pancasila
harus terus dikembangkan dan ditanamkan u Sikap yang wajar dari anggota masyarakat dan pemerintah terhadap adanya
keanekaragaman.
16. Strategi Mengatasi Ancaman Ideologi u Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa dan dasar negara Republik
Indonesia harus dihayati dan diamalkan secara nyata u Pembangunan sebagai pengamalan Pancasila harus menunjukkan keseimbangan
fisik material dengan pembangunan mental spiritual untuk menghindari tumbuhnya
materialisme dan sekulerisme. u Pendidikan Moral Pancasila ditanamkan pada diri anak
didik
17. Strategi Mengatasi Ancaman Politik u Mengembangkan demokrasi politik u Mengaktifkan masyarakat sipil dalam arena politik u Mengadakan reformasi lembaga-lembaga politik agar menjalankan fungsi dan
perannya secara baik dan benar u Memperkuat kepercayaan rakyat dengan cara menegakkan
pemerintahan yang bersih dan berwibawa u Menegakkan supremasi hukum u Memperkuat posisi Indonesia dalam kancah politik internasional
18. Strategi Mengatasi Ancaman Ekonomi u Mengembangkan sistem ekonomi u Pertanian dijadikan prioritas utama u Industri harus menggunakan bahan baku dari dalam negeri sendiri u Diadakan perekonomian yang berorientasi pada kesejahteraan rakyat u Tidak bergantung pada badan multilateral u Mempererat kerja sama dengan negara berkembang untuk bersama-sama
menghadapi kepentingan negara maju
19. Strategi Mengatasi Ancaman Sosial Budaya u Penguasaan IPTEK yang diimbangi Imtaq u Pengenalan budaya nusantara melalui pendidikan formal u Meningkatkan rasa Nasionalisme dan mempelajari kebudayaan yang berasal
dari berbagai suku bangsa di Indonesia u Melakukan penyaringan budaya yang masuk dengan menggunakan nilai- nilai
Pancasila
2.3 Strategi untuk menghadapi Ancaman di Bidang
Politik
Dalam menghadapi ancaman yang berdimensi politik, strategi pertahanan
di bidang politik ditentukan oleh kemampuan sistem politik dalam menanggulangi
segala bentuk ancaman yang ditujukan kepada keidupan politik bangsa Indonesia.
Menurut Noor Ms Bakry, strategi di bidag politik terwujud dengan adanya
kehidupan politik bangsa yang berlandaskan demokrasi Pancasila yang telah mampu
memelihara stabilitas politik yang sehat dan dinamis serta mampu melaksanakan
politik luar negri bebas aktif.
Adapun langkah-langkah yang ditempuh untuk melaksanakan strategi dalam
menghadapi ancaman berdimensi politik dilakukan melalui dua pendekatan berikut:
1. Pendekatan ke dalam, yaitu pembangunan dan
penataan sistem politik dalam negri yang sehat dan dinamis dalam kerangka
demokrasi yang menghargai kebhinnekaan atau kemajemukan bangsa Indonesia. Hasil
yang diharapkan adalah terciptanya stabilitas politik dalam negri yang dinamis
serta memberikan efek penangkal yang tinggi. Pentaan ke dalam diwujudkan
melalui pembangunan dan penataan sistem politik dalam negri yang dikemas
kedalam penguatan tiga pilar berikut.
a) Penguatan penyelenggaraan
pemerintahan negara yang sah, efektif, bersih, bewibawa, bebas KKN (korupsi,
kolusi dan nepotisme) dan bertanggung jawab yang berkemampuan mewujudkan tujuan
pembentukan pemerintahan Negara, seperti tercantum dalam pembukaan
Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
b) Penguatan lembaga legislatif sehingga
menjadi lembaga yang berkualitas dan professional pada bidang lainnya. Lembaga
legislatif yang mampu bekerja sama dengan pemerintah dalam memproses dan
melahiran produk-produk legislasi (berupa peraturan perundang-undangan) bagi
kepentingan pembangunan nasional.
c) Penguatan kekuatan politik nasional
baik partai politik maupun organisasi masyarakat sebagai alat untuk
memberdayakan masyarakat sebagai subjek politik dan pembangunan nasional.
Kekuatan politik berkewajiban mewujudkan dan meningkatkan perannya dalam
pendidikan politik bagi waga Negara.
2. Pendekatan ke luar yang diarahkan untuk mendinamisasikan strategi
dan upaya diplomatik melalui peningkatan peran instrument politik luar negri
dalam membangun kerjasama dan saling percaya dengan negara-negara lain sebagai
kondisi untuk mencegah atau mengurangi potensi konflik antar negara, yang
dimulai dari tataran internal, regional, supraregional, hingga global.
Pendekatan ke luar diwujudkan dengan cara berikut:
a) Pada lingkup internal, yaitu melalui
penciptaan, pembangunan dan peningkatan kondisi dalam negri yang semakin mantap
dan stabil, yang dibarengi dengan upaya-upaya peningkatan dan perbaikan
pertumbuhan ekonomi yang sehat dan kuat serta penguatan dan peningkatan
kehidupan sosial kemasyarakatan.
b) Pada lingkup regional, politik dan
diplomasi Indonesia diarahkan untuk selalu aktif dan berperan dalam membangun
dan meningkatkan kerjasama dengan negara lain dalam kerangka prinsip saling
percaya, saling menghargai, dan tidak saling mengintervensi urusan dalam negri.
c) Pada lingkup supraregional, politik
luar negri dikembangkan untuk berperan dalam penguatan ASEAN plus Enam yang
terdiri atas 10 negara anggota bersama-sama dengan Cina, Jepang, Korea Selatan,
India, Australia, dan Selandia Baru, melalui hubungan bilateral yang harmonis
dan terpelihara serta diwujudkan dalam kerjasama yang lebih konkret. Dalam
kerangka penguatan ASEAN plus Enam tersebut, kinerja politik luar negri
Indonesia harus mampu membangun hubungan dan kerjasama yang memberikan jaminan
atas kedaulatan dan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia, tidak
adanya intervensi, terutama jaminan tidak adanya agresi terhadap wilayah
kedaulatan Indonesia.
d) Pada lingkup global, politik luar negri
harus memainkan perannya secara maksimal dalam memperjuangkan kepentingan
nasional melalui keberadaan Indonesia sebgai anggota PBB, Gerakan Non-blok,
Organisasi Konferensi Islam (OKI) dan Forum Regional ASEAN (ARF). Peran
diplomasi harus mampu mengidentifikasi potensi-potensi ancaman berdimensi politik
yang mengancam kedaulatan dan kepentingan nasional Indonesia serta melakukan
langkah-langkah pencegahan.
Strategi Indonesia untuk menghadapi ancaman politik
Ancaman politik merupakan salah satu ancaman non milliter yang sifatnya mengancam secara tidak langsung seperti ancaman militer maupun ancaman ideologi yang notabennya memberikan ancaman pertahanan dan keamanan. Berbeda dengan ancaman militer yang dapat mengancam kedaulatan suatu negara, keberlangsungan bangsa, dan keselamatan rakyat, ancaman politik lebih memberikan ancaman pada aspek persepsi individu.
Meskipun kelihatan sepele, namun ancaman politik merupakan salah satu ancaman yang sulit dihadapi. Ancaman ini dapat memecah belah suatu anggota kelompok dalam suatu bangsa. Jika terjadi perpecahan kelompok akibat perbedaan paham politik maka lama kelamaan bangsa akan terpecah belah.
Ancaman politik merupakan salah satu ancaman non milliter yang sifatnya mengancam secara tidak langsung seperti ancaman militer maupun ancaman ideologi yang notabennya memberikan ancaman pertahanan dan keamanan. Berbeda dengan ancaman militer yang dapat mengancam kedaulatan suatu negara, keberlangsungan bangsa, dan keselamatan rakyat, ancaman politik lebih memberikan ancaman pada aspek persepsi individu.
Meskipun kelihatan sepele, namun ancaman politik merupakan salah satu ancaman yang sulit dihadapi. Ancaman ini dapat memecah belah suatu anggota kelompok dalam suatu bangsa. Jika terjadi perpecahan kelompok akibat perbedaan paham politik maka lama kelamaan bangsa akan terpecah belah.
Untuk menghadapi
ancaman ini, strategi indonesia dalam menghadapi ancaman politik adalah dengan
memperkuat asas kebersamaan dan persatuan yang telah dirumuskan dalam perundang
undangan (UUD 1945). Hal ini juga ditegaskan dalam sila ke-3 pancasila yang
berbunyi "Persatuan Indonesia". Kesadaran akan pentingnya persatuan
dan kesatuan agar Indonesia tidak terpecah belah juga sangat diperlukan agar
strategi menghadapi ancaman politik ini dapat berjalan dengan baik.
Selain itu, aspek
demokrasi juga sangat diperlukan sebagai salah satu pilar untuk menghadapi
ancaan politik, pernyataan ini telah saya bahas dalam artikel sebelumnya yang
berjudul Demokrasi: Pengertian, Makna, dan Hakikat Demokrasi
Ancaman non militer
pada dasarnya memang dapat mengganggu stabilitas suatu negara. Untuk
melancarkan strategi Indonesia menghadapi ancaman politik yang umumnya berasal
dari dalam Negeri dapat dilakukan dengan cara dibawah ini:
Strategi menghadapi
ancaman politik dengan pendekatan dari dalam
Strategi pendekatan dari dalam adalah dengan melakukan penataan beserta pembangunan suatu sistem politik Negara yang dinamis dan sehat didalam kerangka negara yang bersifat deokratis (menghargai perbedaan dan kebhinekaan yang terdapat di Indonesia). Dengan menerapkan strategi ini diharapkan dapat tercipta suatu stabilitas sistem politik dalam negeri secara dinamis dan berdampak baik sebagai penangkal perpecahan.
Selain itu penguatan penguatan di berbagai lembaga negara juga dapat menjadi pilar penopang kesuksesan strategi dan upaya ini. Lembaga negara yang bebas dari korupsi, kolusi, dan nepotisme akan mewujudkan terbentuknya pemerintah negara yang sehat dan kokoh seperti yang telah dicantumkan dalam Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia (UUD 1945)..
Strategi pendekatan dari dalam adalah dengan melakukan penataan beserta pembangunan suatu sistem politik Negara yang dinamis dan sehat didalam kerangka negara yang bersifat deokratis (menghargai perbedaan dan kebhinekaan yang terdapat di Indonesia). Dengan menerapkan strategi ini diharapkan dapat tercipta suatu stabilitas sistem politik dalam negeri secara dinamis dan berdampak baik sebagai penangkal perpecahan.
Selain itu penguatan penguatan di berbagai lembaga negara juga dapat menjadi pilar penopang kesuksesan strategi dan upaya ini. Lembaga negara yang bebas dari korupsi, kolusi, dan nepotisme akan mewujudkan terbentuknya pemerintah negara yang sehat dan kokoh seperti yang telah dicantumkan dalam Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia (UUD 1945)..
Lembaga legislatif yang
mengalami penguatan dari segi kualitas dan profesionalitas akan membawa Negara
Indonesia menuju negara yang tertib, adil dan makmur. Dengan lembaga legislatif
yang profesional maka akan tercipta produk produk perundang undangan
berkualitas demi kepentingan rakyat. Selain itu, lembaga legislatif juga
memegang fungsi kontrol terhadap suatu penyelenggaraan pemerintahan sebuah
Negara. Hal ini harus dilaksanakan dengan landasan untuk kepentingan Negara dan
bangsa bukan atas dasar kepentingan individu maupun golongan tertentu.
Penguatan antar partai politik juga sangat penting dalam hal ini, karena penguatan partai politik memiliki tujuan untuk memberdayakan masyarakat sebagai subyek pembangunan nasional dan subyek politik. Hal ini harus dilandasi oleh asas gotong royong dan kejujuran antar partai politik.
Strategi menghadapi ancaman politik dengan pendekatan dari luar
Upaya Indonesia menghadapi ancaman politik dengan pendekatan dari luar bermaksud mengusahakan upaya dan strategi diplomatik dengan melakukan pedekatan pendekatan politik luar negeri yang bertujuan membangun sebuah kerja sama antar Negara. Upaya ini dapat meningkatkan rasa saling percaya antae Negara dan mencegah terjadinya konflik antar Negara. Pendekatan dari luar dapat dibagi menjadi beberapa lingkup berdasarkan skalanya.
Lingkup internal:
Penguatan antar partai politik juga sangat penting dalam hal ini, karena penguatan partai politik memiliki tujuan untuk memberdayakan masyarakat sebagai subyek pembangunan nasional dan subyek politik. Hal ini harus dilandasi oleh asas gotong royong dan kejujuran antar partai politik.
Strategi menghadapi ancaman politik dengan pendekatan dari luar
Upaya Indonesia menghadapi ancaman politik dengan pendekatan dari luar bermaksud mengusahakan upaya dan strategi diplomatik dengan melakukan pedekatan pendekatan politik luar negeri yang bertujuan membangun sebuah kerja sama antar Negara. Upaya ini dapat meningkatkan rasa saling percaya antae Negara dan mencegah terjadinya konflik antar Negara. Pendekatan dari luar dapat dibagi menjadi beberapa lingkup berdasarkan skalanya.
Lingkup internal:
Lingkup internal
mencakup pembangunan, penciptaan dan pembangunan dalam Negeri secara stabil
yang diimbangi dengan adanya upaya peningkatan sekaligus perbaikan keadaan
ekonomi yang kuat.
Lingkup regional:
Lingkup regional
mencakup aktivitas diplomasi dan politik indonesia yang mengarah pada peran
serta dalam membangun maupun meningkatkan kerjasama antar negara dengan
menumbuhkan asas saling percaya dan saling menghargai.
Lingkup supraregional:
Lingkup supraregional:
Lingkup supraregional
merupakan lingkup yang lebih besar dari regional. Sebagai contoh adalah ASEAN
yang terdiri dari 10 Negara Asia tenggara yang secara bersama sama membangun
sebuah hubungan bilateral secara harmonis dalam mewujudkan sebuah kerjasama
konkret. Dalam rangka menyongsong ASEAN ini peran serta politik Indonesia
diharuskan untuk mampu membangun sebuah hubungan kerja sama dengan tetap
memberikan jaminan atas keutuhan dan kedaulatan Negara.
Lingkup global:
Dalam lingkup global,
Strategi politik luar negeri harus dapat dilaksanakan secara maksimal untuk
memperjuangkan kepentingan dalam lingkup nasional melalui bergabungnya
Indonesia sebagai salah satu anggota PBB, Negara yang netral (non-blok), Negara
yang tergabung dalam konferensi Islam dunia, dan merangkap sebagai anggota
regional ASEAN. Peran serta doplomasi luar negeri ini diharuskan untk mampu
mengidentifikasi adanya potensi ancaman yang dapat mengancam ideologi maupun
keutuhan Negara. Untuk itu, maka diperlukan adanya strategi membangun
pertahanan militer dan non militer di Indonesia.
2.4 Strategi untuk menghadapi Ancaman di Bidang
Ekonomi
Pembang unan di bidang ekonomi ditujukan untuk
menciptakan kehidupan perekonomian bangsa Indonesia yang berlandaskan demokrasi
ekonomi yang mampu memelihara stabilitas ekonomi yang sehat dan dinamis serta
mampu menciptakan kemandirian ekonomi nasional berdaya saing yang tinggi.
Kondisi tersebut dapat tercipta apabila Negara Indonesia mempunyai strategi
yang tepat untuk menghadapi berbagai ancaman di bidang ekonomi.
Dalam menghadapi ancaman yang berdimensi ekonomi, sistem dan upaya
pertahanan negara yang ditempuh adalah dengan membangun ketahanan di bidang
ekonomi melalui penataan sistem ekonomi nasional yang sehat dan berdaya saing.
Sasaran pembangunan bidang ekonomi adalah pertumbuhan ekonomi yang cukup tinggi
bagi perwujudan stabilitas ekonomi yang memberikan efek kesejahteraan dan
penangkalan yang efektif sekaligus mampu menjadi pemenang dalam era
globalisasi. Untuk menghadapi tantangan tersebut, diperlukan upaya akselerasi
pembangunan perekonomian nasional yang berdaya saing melalui pertumbuhan
ekonomi yang cukup tinggi.
Adapun strategi untuk
menghadapi ancaman dibidang ekonomi diantaranya adalah sebagai berikut:
1. Untuk menghadapi ancaman yang
berdimensi ekonomi dari internal, prioritas kebijakan dapat berupa penciptaan
lapangan kerja padat karya sebagai solusi memberantas kemiskinan, pembangunan
infrastruktur , penciptaan iklim usaha yang kondusif, dan pemilihan teknologi
yang tepat guna sebagai solusi pemerataan kesempatan kerja.
2. Untuk menghadapi ancaman yang
berdimensi ekonomi dari eksternal, Indonesia harus membangun dan menjaga
hubungan baik dengan negara-negara utama dalam tatanan ekonomi-politik dunia.
3. Unsur pertahanan militer dalam
menghadapi ancaman berdimensi ekonomi, mengembangkan pilihan strategis untuk
membantu unsure utama dari pertahanan non-militer. Dalam hal ini keterlibatan
lapis pertahanan militer diwujudkan dalam meningkatkan usaha pertahanan untuk
menciptakan kondisi keamanan nasional yang terkendali, membantu kelancaran
distribusi komoditas dan kebutuhan pokok masyarakat, terutama di daerah-daerah
pedalaman dan terisolasi yang tidak dapat dijangkau dengan sarana transportasi
umum.
Ancaman indonesia di
bidang sosial dan budaya dapat dibedakan menjadi dua kategori yakni dari dalam
dan dari luar. Ancaman sosial dan budaya dari dalam adalah kemiskinan,
keterbelakangan, kebodohan dan ketidakadilan yang beredar di suatu negara. isu
isu tersebut akan menjadi cikal bakal segala permasalahan yang muncul seperti
terorisme, gerakan separatisme, tindak kekerasan yang bersifat mengancam
keutuhan persatuan dan kesatuan rakyat, bangsa, dan negara.
Sedangkan faktor dari
luar adalah seperti masuknya nilai nilau budaya asing dan menggeser bahkan
menggantikan tempat budaya dalam negeri sendiri. Hal ini dapat disebabkan oleh
adanya perkembangan teknologi baik teknologi informasi maupun telekomunikasi
yang notabennya memudahkan masyarakat untuk mengakses informasi maupun
berhubungan dengan seseorang sekalipun terpaut dalam jarak yang jauh. Hal ini
lama kelamaan akan menyebabkan melemahnya nilai sosial dan budaya dalam sebuah
negara yang akhirnya akan menjadi penyebab utama suatu bangsa mudah diserang
dari bidang non militer.
Untuk dapat memahami
hubungan antara arus perkembangan teknologi dengan ancaman sosial dan budaya
maka simaklah artikel sebelumnya yang berjudul Globalisasi: Pengertian, Penyebab dan Dampak Globalisasi
Dalam rangka upaya
Indonesia menghadapi ancaman di bidang sosial budaya yang pengaruhnya dari luar
maka Indonesia melakukan beberapa langkah, strategi dan upaya seperti:
Memelihara keselarasan
dan keseimbangan fundamental.
Meningkatkan kesadaran
akan pentingnya bertoleransi.
Menghargai adanya
perbedaan. (Untuk memahami pentingnya menghargai perbedaan maka simaklah
artikel sebelumnya yang berjudul 5 Faktor Penyebab Keberagaman Masyarakat Indonesia.
2.5 Strategi untuk
menghadapi Ancaman di Bidang Sosial Budaya
Ancaman yang berdimensi sosial budaya dapat dibedakan atas ancaman dari
dalam dan ancaman dari luar. Ancaman dari dalam didorong oleh isu kemiskinan,
kebo dohan, keterbelakangan, dan
ketidakadilan. Isu-isu tersebut menjadi titik pangkal segala permasalahan ,
seperti separatisme, terorisme, kekerasan
yang mengancam persatuan dan kesatuan bangsa, nasionalisme, dan patriotisme.
Ancaman dari luar berupa penetrasi nilai-nilai budaya dari luar negri yang
sulit dibendung mempengaruhi tata nilai sampai pada tingkat lokal. Kemajuan
teknologi informasi mengakibatkan dunia menjadi desa global tempat interaksi
antarmasyarakat terjadi secara langsung. Sebagai akibatmya, terjadi benturan
tata nilai sehingga lambat-laun nilai-nilai persatuan dan kesatuan bangsa
semakin terdesak misalnya oleh nilai-nilai individualisme, konsumerisme, dan
hedonisme.
Dalam menghadapi pengaruh dari luar yang dapat membahayakan kelangsungan
hidup sosial budaya, Bangsa Indonesia berusaha memelihara keseimbangan dan
keselarasan fundamental, yaitu keseimbangan antara manusia dengan alam semesta,
manusia dengan masyarakat, manusia dengan Tuhan, keseimbangan kemajuan lahir
dan kesejahteraan batin. Kesadaran akan perlunya keseimbangan dan keserasian melahirkan
toleransi yang tinggi, sehingga menjadi bangsa yang berbhinneka dan bertekad
untuk selalu hidup bersatu dengan memperhatikan perkembangan tradisi,
pendidikan, kepemimpinan, integrasi nasional, kepribadian bangsa, persatuan dan
kesatuan bangsa, dan pelestarian alam.
2.6 Strategi untuk
menghadapi Ancaman di Bidang Teknologi dan Informasi
Perkembangan teknologi dan informasi semakin lama semakin pesat. Sebagai
negara yang ingin masyarakatnya maju dan tidak mau tertinggal dengan
negara-negara lain, Indonesia harus mengikuti perkembangan tersebut. Ancaman di
bidang teknologi dan informasi tidak jauh berbeda dengan bidang sosial budaya,
yaitu melalui perkembangan IPTEK banyak pengaruh budaya dan kebudayaan luar
yang sesuai ataupun tidak sesuai dengan kepribadian bangsa Indonesia masuk
dengan mudahnya. Selain itu, dengan perkembangan teknologi semakin marak
terjadi kejahatan teknologi atau cybercrime.
Strategi bangsa Indonesia dalam mencegah terjadinya ancaman bidang
teknologi dan informasi adalah dengan membatasi diri dalam mengakses internet.
Selain itu, dengan peningkatan pemahaman terhadap agama dan Pancasila sehingga
dapat menjadi benteng terhadap hal-hal yang bertentangan dengan kepribadian
kita, misalnya gaya hidup, sikap dan budaya asing.
2.7Strategi untuk
menghadapi Ancaman di Bidang Keselamatan Umum
Ancaman bagi keselamatan umum dapat terjadi karena bencana alam, misalnya
gempa bumi, meletusnya gunung, dan tsunami. Ancaman karena manusia, misalnya
penggunaan obat-obatan dan bahan kimia, pembuangan limbah industry, kebakaran,
serta kecelakaan transportasi. Strategi dalam menghadapi ancaman keselamatan
umum misalnya sebagai berikut:
1. Menjaga keseimbangan alam.
2. Menjaga kebersihan lingkungan.
3. Membuat kebijakan atau peraturan
yang jelas dan tegas terhadap pemakaian obat-obatan sesuai dosisnya.
4. Menegakkan hukum terhadap
pemakaian bahan kimia yang melebihi dosis yang dapat membahayakan manusia
khususnya dan makhluk hidup lain pada umumnya.
BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Ancaman Non-militer adalah ancaman yang tidak
menggunakan kekuatan senjata tetapi jika dibiarkan akan membahayakan kedaulatan
negara, keutuhan wilayah negara, dan keselamatan segenap bangsa. Yang bertugas menghadapi ancaman non-militer
adalah lembaga pemerintah di luar bidang pertahanan sesuai dengan bentuk dan
sifat ancaman yang dihadapi dengan di dukung oleh unsur unsur lain dari
kekuatan bangsa.
Inti pertahanan nonmiliter adalah
pertahanan secara nonfisik yang tidak menggunakan senjata, tetapi pemberdayaan
faktor-faktor ideologi, politik, ekonomi, psikologi, sosial budaya, dan
teknologi melalui profesi, pengetahuan dan keahlian serta kecerdasan untuk
mencapai kesejahteraan masyarakat yang berkeadilan. Sehingga dalam menghadapi
ancaman nonmiliter menempatkan lembaga pemerintah di luar bidang pertahanan
sebagai unsur utama, sesuai dengan bentuk dan sifat ancaman yang dihadapi
dengan di dukung oleh unsur-unsur lain dari kekuatan bangsa.
Beberapa strategi yang diperlukan
untuk menghadapi ancaman non-militer yaitu diantaranya : strategi dalam
menghadapi ancaman di bidang ideologi, strategi dalam menghadapi ancaman di
bidang politik, strategi dalam menghadapi ancaman di bidang ekonomi, strategi
dalam menghadapi ancaman di bidang sosial budaya.
3.2 Saran
Dalam membuat makalah
seharusnya kita lebih memperhatikan sistematika makalah. Menyusun sebaik
mungkin sehingga pembaca mudah dalam memahami isi makalah. Jika membuat makalah
alangkah baiknya tidak bertele-tele dalam menguraikan isi sehingga pembaca
tidak merasa bosan.
Demikianlah makalah
yang kami buat ini, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan para pembaca.
Kami mohon maaf apabila ada kesalahan ejaan dalam penulisan kata dan kalimat
yang kurang jelas, dimengerti, dan lugas. Karena kami hanyalah manusia biasa
yang tak luput dari kesalahan dan kami juga sangat mengharapkan saran dan
kritik dari para pembaca demi kesempurnaan makalah ini. Sekian penutup dari
kami semoga dapat diterima di hati dan kami ucapkan terima kasih yang
sebesar-besarnya.
Daftar Pustaka
Kemendikbud RI.2015.Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.Jakarta.Kemendikbud
Komentar