RPP MTK


RENCANA PELAKSANAAN PEMBEAJARAN
( R P P )

Nama Sekolah          :        ...............................
Mata Pelajaran          :        Matematika
Kelas / Semester       :        IX / 2 (Genap)

STANDA                                STANDAR KOMPETENSI: 5. Memahami sifat-sifat bilangan berpangkat dan bentuk akar serta
 penggunaannya dalam pemecahan masalah
KOMPETENSI DASAR      : 5.2. Melakukan operasi aljabar yang melibatkan bilangan berpangkat
bulat dan bentuk akar berpangkat dan bentuk akar
ALOKASI WAKTU           : 2 x 40 menit

A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Pertemuan Pertama, Kedua dan ketiga.
  • Peserta didik dapat menyelesaikan soal yang berkaitan dengan operasi tambah, kurang, kali ,bagi dan pangkat pada suatu bilangan berpangkat bulat dan bentuk akar.

·         Karakter siswa yang diharapkan :          Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )

B. MATERI PEMBELAJARAN
Operasi tambah, kurang, kali, bagi, dan pangkat pada bilangan berpangkat bulat dan bentuk akar.

C. METODE PEMBELAJARAN
1. Model
Pembelajaran : Kooperatif learning
2. Metode
Pembelajaran : Ceramah bervariasi, Tanya jawab, diskusi, pemberian tugas

D. KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR
Pertemuan  Kedua .
1. Pendahuluan
Apersepsi : 1. Membahas PR
2. Mengingat kembali sifat-sifat pangkat dan akar
2. Kegiatan Inti
·         Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·         Peserta didik dapat menyelesaikan soal yang berkaitan dengan operasi tambah, kurang, kali ,bagi dan pangkat pada suatu bilangan berpangkat bulat dan bentuk akar.
·         materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
·         menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
·         memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
·         melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran;
·         Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·         memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
·         memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
·         memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
·         memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
·         memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
·         Peserta didik dibagi dalam beberapa kelompok , antara 4 – 5 orang.
·         Tiap kelompok mendiskusikan materi penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian dan perpangkatan pada suatu bilangan berpangkat bilangan bulat dan bentuk akar.
·         Masing-masing kelompok diminta menyampaikan hasil diskusinya, sedangkan kelompok      yang lain menanggapinya.
·         Peserta didik mengerjakan soal latihan tentang penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, dan perpangkatan pada bilangan berpangkat bulat dan bentuk akar dari buku sumber.

·         Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
·         memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
·         memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
·         memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
·         memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
·         berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
·         membantu menyelesaikan masalah;
·         memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
·         memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
·         memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

3. Kegiatan Akhir
      Dalam kegiatan penutup, guru:
·         bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
·         melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
·         memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
·         merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
·         Peserta didik diberi PR

E. SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
1. Sumber
Pembelajaran : buku  Matematika untuk kelas IX SMP dan Mts.
2. Media pembelajaran

F. PENILAIAN HASIL BELAJAR
Indikator Pencapaian   Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·         Menyelesaikan operasi tambah, kurang, kali, bagi dan pangkat pada suatu bilangan berpangkat bulat dan bentuk akar.
Tes tertulis
Uraian
Hitunglah
a.                   35 x 32
b.                  https://lh5.googleusercontent.com/Fsp38mNHqEbtvrnJeDkYvy6fg8OaYmGXVhtaLO48ELe_00bA_84t-0cQi68cY3wibSm0Lxf3o0GAZ087i22U_W71Jbtiafl02ZgiKZ4d4TU1drxtC64U71D_IBqy2UbvW537JZQL04UoXGhKuA
c.                   3√5 + 6√5
d.                  4√3 x 8√5

Mengetahui,
.................................. 


........................................
NIP......................................
.............................
Guru Mapel Matematika.


..........................................
NIP.....................................

















Komentar

Postingan Populer