KISI-KISI
DRAF
KISI-KISI
UJIAN
SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL (USBN)
PENDIDIKAN
AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI
KURIKULUM 2013
SEKOLAH MENENGAH ATAS/SEKOLAH MENENGAH
KEJURUAN
TAHUN PELAJARAN
2017/2018
KISI-KISI PENULISAN SOAL
Jenis Sekolah : SMA/SMK
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama dan
Budi Pekerti
Kurikulum : Kurikulum 2013
Alokasi Waktu : 120 Menit
Jenis Soal : Tes Tertulis
Bentuk Soal : PG Nomor 1 s.d. 40/ Uraian nomor 41 s.d. 45
Tahun Pelajaran : 2017/2018
|
No
|
Kompetensi Dasar
|
Bahan/ Kls/Smt
|
Konten/Materi
|
Level Kognitif
|
Idikator Soal
|
No.
Soal
|
|
1.
|
Menganalisis Q.S. al-Hujurat/49:
10 dan 12 serta Hadis
tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan),
dan persaudaraan (ukhuwah)
|
X/1
|
Q.S. al-Hujurat/49:
10 dan 12 serta Hadis
tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan),
dan persaudaraan (ukhuwah)
|
Aplikasi
|
Disajikan kutipan
salah satu Q.S. al-Hujurat/49:
10 dan 12 serta Hadis tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan), dan persaudaraan (ukhuwah) yang tidak lengkap, peserta
didik dapat melengkapi ayat tersebut.
|
1
|
|
2.
|
Menganalisis
Q.S. al-Isra’/17:
32, dan Q.S. an-Nur 24: 2 serta Hadit
tentang larangan pergaulan bebas dan perbuatan zina.
|
X/2
|
Q.S. al-Isra’/17:
32, dan Q.S. an-Nur/24:
2, serta hadits tentang larangan pergaulan bebas dan perbuatan zina.
|
Pemahaman
|
Disajikan kutipan salah satu
Q.S.
al-Isra’/17: 32, dan Q.S. an-Nur/24: 2, ayat Alquran
tentang larangan pergaulan bebas dan perbuatan zina, peserta didik dapat
mengidentifikasi hukum tajwid pada ayat tersebut.
|
2
|
|
3.
|
Menganalisis
makna Q.S. al-Maidah/5:48; Q.S. an-Nisa/4: 59; dan Q.S. at-Taubah
/9: 105 serta Hadits tentang taat pada aturan, kompetisi dalam
kebaikan, dan etos kerja.
|
XI/1
|
Q.S. al-Maidah/5:48; Q.S. an-Nisa/4: 59; dan Q.S. at-Taubah
/9: 105 serta Hadits tentang taat pada aturan, kompetisi dalam kebaikan, dan
etos kerja.
|
Aplikasi
|
Disajikan kutipan salah satu Q.S. al-Maidah/5:48; Q.S. an-Nisa/4:
59; dan Q.S. at-Taubah /9: 105 serta Hadits, tentang taat, kompetisi dalam
kebaikan, dan etos kerja, peserta didik dapat menterjemahkan teks ayat tersebut.
|
3
|
|
4.
|
Menganalisis
makna Q.S. al-Maidah/5:48; Q.S. an-Nisa/4: 59; dan Q.S. at-Taubah
/9: 105 serta Hadis
tentang taat pada aturan, kompetisi dalam kebaikan, dan etos kerja.
|
XI/1
|
Q.S. al-Maidah/5:48; Q.S. an-Nisa/4: 59; dan Q.S. at-Taubah
/9: 105 serta hadits tentang taat pada
aturan, 5kompetisi dalam kebaikan, dan etos kerja.
|
Penalaran
|
Disajikan kutipan salah satu Q.S. al-Maidah/5:48; Q.S.
an-Nisa/4: 59; dan Q.S. at-Taubah /9: 105 serta Hadits tentang taat pada aturan kompetisi dalam kebaikan dan etos kerja,
peserta didik dapat menganalisis mufrodat dari ayat tersebut.
|
4
|
|
5.
|
Menganalisis makna Q.S. Yunus/10: 40-41 dan Q.S.
al-Maidah /5: 32, serta
hadits tentang toleransi dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan.
|
XI/2
|
Q.S. Yunus/10: 40-41 dan Q.S. al-Maidah /5: 32, serta hadits tentang toleransi dan menghindarkan
diri dari tindak kekerasan
|
Penalaran
|
Disajikan
kutipan salah satu Q.S.
Yunus/10:
40-41 dan Q.S. al-Maidah /5: 32, serta hadits, tentang menghindarkan diri dari tindak
kekerasan, peserta didik dapat mengevaluasi
perilaku yang sesuai dengan ayat tersebut.
|
5
|
|
6.
|
Menganalisis dan mengevaluasi makna Q.S. Ali Imran/3: 190-191, dan Q.S. Ali Imran/3: 159, serta
hadits tentang berpikir kritis dan bersikap demokratis.
|
XII/1
|
Q.S. Ali Imran/3: 190-191, dan Q.S. Ali Imran/3: 159, serta hadits tentang
berpikir kritis dan bersikap demokratis
|
Pemahaman
|
Disajikan kutipan salah satu ayat dari Q.S. Ali
Imran/3: 190-191
atau Q.S. Ali Imran/3:
159, peserta didik dapat menentukan makna ayat yang bergaris
bawah.
|
6*
|
|
7.
|
Menganalisis dan mengevaluasi makna Q.S. Ali
Imran/3: 190-191, dan Q.S. Ali Imran/3: 159, serta hadis tentang
berpikir kritis
dan bersikap demokratis.
|
XII/1
|
Q.S. Ali Imran: 190-191/3
atau Q.S. Ali Imran : 159/3 tentang berpikir kritis dan
bersikap demokratis
|
Penalaran
|
Disajikan
kutipan salah satu.S.
Ali Imran:
190-191/3 atau Q.S. Ali
Imran : 159/3 ayat Alquran
tentang berfikir kritis dan bersikap demokratis, peserta didik dapat
mengidentifikasi hukum bacaan tajwid.
|
41/Essay
|
|
8.
|
Menganalisis dan
mengevaluasi makna Q.S. Ali Imran/3: 190-191, dan Q.S. Ali Imran/3:
159, serta hadits tentang berpikir kritis dan bersikap demokratis.
|
XII/1
|
Q.S. Ali Imran/3: 190-191, dan Q.S. Ali Imran/3: 159, serta hadits
tentang berpikir kritis dan bersikap demokratis.
|
Aplikasi
|
Disajikan ayat Alqur’an Q.S. Ali Imran/3: 190-191, dan Q.S.
Ali Imran/3: 159, serta hadits tentang berpikir kritis dan bersikap demokrastis,
peserta didik dapat menyimpulkan isi kandungan ayat tersebut.
|
7
|
|
9.
|
Menganalisis dan
mengevaluasi makna Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S.
al-Baqarah/2: 83, serta Hadis tentang kewajiban beribadah dan bersyukur kepada Allah serta berbuat baik
kepada sesama manusia.
|
XII/2
|
Q.S.
Luqman/31:
13-14 dan Q.S. al-Baqarah/2: 83, serta Hadis
tentang kewajiban beribadah dan bersyukur kepada Allah serta
berbuat baik kepada sesama manusia.
|
Penalaran
|
Disajikan kutipan salah satu
Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. al-Baqarah/2:
83, serta Hadis, tentang kewajiban beribadah dan bersyukur dan berbuat baik (Ihsan), peserta didik dapat menemukan hukum bacaan tajwid.
|
8
|
|
10
|
Menganalisis dan mengevaluasi makna Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S.
al-Baqarah/2: 83, serta Hadis tentang kewajiban beribadah dan bersyukur
kepada Allah serta berbuat baik kepada sesama manusia.
|
XII/2
|
Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. al-Baqarah/2: 83, serta Hadis tentang kewajiban beribadah dan bersyukur kepada Allah serta
berbuat baik kepada sesama manusia.
|
Penalaran
|
Disajikan salah satu dari Q.S. Luqman: 13-14 atau Q.S. al-Baqarah:
83, serta hadis tentang
kewajiban beribadah dan bersyukur kepada Allah serta berbuat baik kepada
sesama manusia, peserta
didik dapat menyimpulkan isi
kandungan ayat dan hadis tersebut
|
9*
|
|
11
|
Menganalisis dan mengevaluasi makna Q.S. Luqman/31:
13-14 dan Q.S. al-Baqarah/2: 83, serta Hadis tentang kewajiban beribadah dan bersyukur
kepada Allah serta berbuat baik kepada sesama manusia.
|
XII/2
|
Q.S.
Luqman/31:
13-14 dan Q.S. al-Baqarah/2: 83, serta Hadis
tentang kewajiban beribadah dan bersyukur kepada Allah serta
berbuat baik kepada sesama manusia.
|
Aplikasi
|
Disajikan kutipan salah satu
Q.S. Luqman/31:
13-14 dan Q.S. al-Baqarah/2: 83, serta Hadis tentang
kewajiban beribadah dan bersyukur kepada Allah serta berbuat baik kepada
sesama manusia. perbuatan zina, peserta didik dapat memberi
contoh prilaku pada ayat tersebut.
|
10
|
|
12
|
Menganalisis makna al-Asma’u
al-Husna: al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami’,
al-‘Adl, dan al-Akhir
|
X/1
|
Asmaul Husna: al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami’,
al-‘Adl, dan al-Akhir
|
Penalaran
|
Disajikan narasi tentang sifat Allah yang berkaitan dengan
al-Kariim, al-Mu’min, al-Wakiil,
al-Matiin, al-Jaami’, al-‘Adl, dan
al-Akhiir, peserta didik dapat menganalisis makna dari sifat Allah Swt
dalam Asma’ul Husna tersebut.
|
42/Essay
|
|
13
|
Menganalisis makna beriman kepada malaikat-malaikat Allah Swt.
|
X/2
|
Iman
Kepada Malaikat-Malaikat Allah Swt.
|
Aplikasi
|
Disajikan contoh kasus tentang
kehidupan di masyarakat zaman sekarang, peserta didik dapat memberi contoh perilaku
yang mencerminkan keimanan terhadap malaikat malaikat Allah Swt
|
11
|
|
14
|
Menganalisis makna iman kepada
kitab-kitab Allah Swt.
|
XI/1
|
Iman kepada Kitab-Kitab Allah Swt.
|
Aplikasi
|
Disajikan narasi tentang kitab-kitab Allah Swt., peserta
didik dapat menentukan perilaku yang
mencerminkan keimanan kepada kitab-kitab-Nya.
|
12*
|
|
15
|
Menganalisis makna iman kepada kitab-kitab Allah Swt.
|
XI/1
|
Iman kepada Kitab-Kitab Allah Swt.
|
Aplikasi
|
Disajikan contoh kasus tentang kehidupan di masyarakat,
peserta didik dapat menujukan contoh perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap
Kitab-kitab Allah Swt.
|
13
|
|
16.
|
Menganalisis makna iman kepada
rasul-rasul Allah Swt.
|
XI/2
|
Iman kepada Rasul-Rasul Allah Swt.
|
Penalaran
|
Disajikan kisah singkat rasul Allah Swt,
peserta didik dapat menemukan hikmah beriman kepada Rasul-rasul Allah
|
14
|
|
17.
|
Menganalisis dan mengevaluasi makna iman kepada hari akhir
|
XII/1
|
Iman kepada Hari
Akhir
|
Pemahaman
|
Disajikan
ilustrasi peristiwa hari akhir, peserta didik dapat menentukan contoh perilaku beriman kepada hari akhir dalam kehidupan sehari-hari.
|
15*
|
|
18.
|
Menganalisis dan mengevaluasi
makna
iman kepada hari akhir
|
XII/1
|
Iman kepada Hari Akhir
|
Aplikasi
|
Disajikan
wacana tentang perilaku manusia dalam
kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat memberi contoh tanda- tanda beriman kepada hari akhir.
|
16
|
|
19.
|
Menganalisis dan
mengevaluasi makna iman kepada qadha dan qadar
|
XII/2
|
Iman kepada Qadha dan Qadar.
|
Aplikasi
|
Disajikan ilustrasi tentang
kehidupan seseorang, peserta didik dapat memberi contoh sikap menerima takdir Allah Swt.
|
17
|
|
20.
|
Menganalisis dan
mengevaluasi makna iman kepada qadha dan qadar
|
XII/2
|
Iman
kepada Qadha dan Qadar.
|
Penalaran
|
Disajikan wacana tentang kehidupan
seseorang, peserta didik dapat menyimpulkan hikmah Iman kepada Qadha dan
Qodar.
|
18
|
|
21.
|
Menganalisis
ketentuan berpakaian sesuai syariat Islam
|
X/1
|
ketentuan
berpakaian sesuai syariat Islam
|
Penalaran
|
Disajikan ilustrasi budaya remaja dalam
berpakaian, peserta didik dapat memprediksi dampak yang
ditimbulkan dari budaya berpakaian
|
19*
|
|
22.
|
Menganalisis manfaat kejujuran dalam kehidupan
sehari-hari
|
X/2
|
manfaat kejujuran dalam kehidupan sehari-hari
|
Penalaran
|
Disajikan ilustrasi tentang penerapan kejujuran, peserta didik dapat
menyimpulkan manfaat kejujuran dalam kehidupan sehari-hari.
|
20
|
|
23.
|
Menganalisis makna Syaja’ah (berani membela kebenaran) dalam kehidupan sehari-hari
|
XI/1
|
Makna Syaja’ah
(berani membela kebenaran) dalam kehidupan sehari-hari
|
Pemahaman
|
Disajikan ilustrasi sebuah cerita, peserta didik dapat mengidentifikasi
makna Syaja’ah dalam kehidupan sehari-hari.
|
21
|
|
24.
|
Menganalisis perilaku hormat dan patuh kepada orang
tua dan guru
|
XI/2
|
Hormat dan patuh kepada orang tua dan guru
|
Aplikasi
|
Disajikan ilustrasi dua cerita, peserta didik dapat membandingkan
perilaku yang benar terkait hormat dan patuh kepada orang tua.
|
43/Essay
|
|
25.
|
Menganalisis dan mengevaluasi perilaku kerja keras
dan bertanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari yang berkembang di
masyarakat
|
XII/1
|
Perilaku kerja keras dan bertanggung jawab dalam
kehidupan sehari-hari yang berkembang di masyarakat
|
Pemahaman
|
Disajikan deskripsi beberapa pernyataan, peserta didik dapat
mengidentifikasi perilaku kerja keras dan bertanggung jawab dalam
kehidupan sehari-hari yang berkembang di masyarakat.
|
22
|
|
26.
|
Menganalisis dan
mengevaluasi perilaku kerja keras dan bertanggung jawab dalam kehidupan
sehari-hari yang berkembang di masyarakat
|
XII/1
|
Perilaku kerja
keras dan bertanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari yang berkembang di
masyarakat
|
Aplikasi
|
Disajikan deskripsi tentang
kinerja seseorang, peserta didik dapat menentukan perilaku kerja keras dan bertanggung jawab dalam kehidupan
|
23*
|
|
27.
|
Menganalisis dan mengevaluasi perilaku kerja keras
dan bertanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari yang berkembang di
masyarakat
|
XII/1
|
Perilaku kerja keras dan bertanggung jawab dalam
kehidupan sehari-hari yang berkembang di masyarakat
|
Penalaran
|
Disajikan deskripsi beberapa pernyataan, peserta didik dapat
menganalisis perilaku kerja keras dan bertanggung jawab dalam
kehidupan sehari-hari yang berkembang di masyarakat.
|
24
|
|
28.
|
Menganalisis dan mengevaluasi perilaku kerja keras
dan bertanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari yang berkembang di
masyarakat
|
XII/1
|
Perilaku kerja keras dan bertanggung jawab dalam
kehidupan sehari-hari yang berkembang di masyarakat
|
Penalaran
|
Disajikan deskripsi beberapa pernyataan, peserta didik dapat
menyimpulkan perilaku kerja keras dan bertanggung jawab dalam
kehidupan sehari-hari yang berkembang di masyarakat.
|
25
|
|
29.
|
Menganalisis kedudukan al-Quran, Hadis, dan Ijtihad sebagai
sumber hukum Islam
|
X/1
|
Kedudukan
al-Quran, Hadis, dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam
|
Penalaran
|
Disajikan ilustrasi yang sesuai, peserta didik dapat menyimpulkan
kedudukan al-Quran,
Hadis, dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam.
|
26
|
|
30.
|
Menganalisis
hikmah ibadah haji, zakat, dan wakaf bagi individu dan masyarakat
|
X/2
|
Haji, zakat, dan wakaf.
|
Aplikasi
|
Disajikan
deskripsi tentang salah satu dari haji, zakat, atau wakaf, peserta didik dapat menjelaskan
prilaku yang mencerminkan hikmah ibadah
haji, zakat, atau wakaf dalam kehidupan
|
27*
|
|
31.
|
Menganalisis pelaksanaan
penyelenggaraan jenazah
|
XI/1
|
Penyelenggaraan
jenazah
|
Aplikasi
|
Disajikan deskripsi tentang
jenazah, peserta didik dapat membandingkan pelaksanaan penyelenggaraan
jenazah menurut beberapa madzhab.
|
28
|
|
32.
|
Menganalisis pelaksanaan khutbah, tabligh, dan dakwah
|
XI/1
|
Khutbah, tabligh, dan dakwah
|
Penalaran
|
Disajikan beberapa pernyataan, peserta didik dapat menyimpulkan persamaan
dan perbedaan khutbah, tabligh, dan dakwah.
|
29
|
|
33.
|
Menelaah prinsip-prinsip dan praktik ekonomi dalam Islam
|
XI/2
|
Prinsip-prinsip
dan praktik ekonomi Islam
|
Aplikasi
|
Disajikan beberapa pernyataan peserta didik dapat membandingkan prinsip-prinsip dan praktik ekonomi dalam
Islam dengan konsep ekonomi liberal.
|
30
|
|
34.
|
Menelaah prinsip-prinsip
dan praktik ekonomi dalam Islam
|
XI/2
|
Prinsip-prinsip dan praktik ekonomi Islam
|
Penalaran
|
Disajikan ilustrasi transaksi jual
beli online, peserta didik dapat menganalisis transaksi yang sesuai dengan
syari’at Islam
|
31*
|
|
35.
|
Menganalisis dan mengevaluasi ketentuan pernikahan dalam
Islam
|
XII/1
|
Ketentuan pernikahan dalam Islam
|
Pemahaman
|
Disajikan ilustrasi tentang kondisi seseorang dalam perkawinan, peserta
didik dapat mengidentifikasi hukum nikah.
|
32
|
|
36.
|
Menganalisis dan mengevaluasi ketentuan pernikahan dalam
Islam
|
XII/1
|
Ketentuan pernikahan dalam Islam
|
Penalaran
|
Disajikan silsilah suatu keluarga, peserta didik dapat menganalisis
wali pada akad nikah dalam keluarga
tersebut.
|
33
|
|
37.
|
Menganalisis dan mengevaluasi ketentuan pernikahan dalam
Islam
|
XII/1
|
Ketentuan pernikahan dalam Islam
|
Aplikasi
|
Disajikan beberapa tata cara akad nikah secara Islami peserta didik dapat menerapkan akad nikah secara benar.
|
34
|
|
38.
|
Menganalisis dan
mengevaluasi ketentuan waris dalam Islam.
|
XII/2
|
Ketentuan
waris dalam Islam
|
Aplikasi
|
Disajikan
narasi tentang ahli waris, peserta didik dapat menentukan bagian ahli waris.
|
44/
Essay*
|
|
39.
|
Menganalisis dan mengevaluasi ketentuan waris dalam Islam.
|
XII/2
|
Ketentuan waris dalam Islam
|
Penalaran
|
Disajikan beberapa contoh kasus mawaris, peserta didik dapat menganalisis
ketentuan waris dalam Islam.
|
35
|
|
40.
|
Menganalisis
substansi, strategi, dan penyebab keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw. di
Madinah
|
X/2
|
substansi, strategi, dan
penyebab keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw. di Madinah
|
Pemahaman
|
Ditampilkan beberapakisah sejarah, peserta didik mengidentifikasi substansi,
strategi, dan penyebab keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw. di Madinah
|
36
|
|
41.
|
Menelaah
perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan
|
XI/1
|
Perkembangan peradaban
Islam pada masa kejayaan
|
Penalaran
|
Disajikan ilustrasi perkembangan Islam pada masa kejayaan, peserta
didik dapat menyimpulkan sebab-sebab kemajuan peradaban Islam pada masa
kejayaan.
|
45/Essay
|
|
42.
|
Menelaah perkembangan Islam pada masa modern
(1800- sekarang)
|
XI/2
|
Perkembangan Islam pada masa modern (1800- sekarang)
|
Aplikasi
|
Disajikan tabel tentang
nama-nama tokoh muslim dan karyanya pada masa modern, peserta
didik dapat menghubungkan hasil karya tokoh tersebut dalam kehidupan
sehari-hari.
|
37*
|
|
43.
|
Menganalisis
dan mengevaluasi strategi dakwah dan perkembangan Islam di Indonesia
|
XII/1
|
Strategi dakwah dan perkembangan
Islam di Indonesia
|
Penalaran
|
Disajikan ilustrasi perjuangan para tokoh Islam Indonesia, peserta didik
dapat menganalisis dengan benar strategi yang diterapkan oleh tokoh-tokoh
tersebut.
|
38
|
|
44.
|
Menganalisis
dan mengevaluasi sejarah perkembangan Islam di Indonesia
|
XII/1
|
Sejarah perkembangan Islam di Indonesia
|
Aplikasi
|
Ditampilkan beberapa profil tokoh, peserta didik dapat membandingkan garis
perjuangan tokoh-tokoh tersebut.
|
39
|
|
45.
|
Menganalisis dan mengevaluasi faktor-faktor kemajuan dan
kemunduran
peradaban Islam di dunia
|
XII/2
|
Faktor-faktor kemajuan dan kemunduran Islam di dunia
|
Penalaran
|
Disajikan
narasi tentang kemajuan atau kemunduran Islam di dunia, peserta didik dapat menyimpulkan faktor-faktor kemajuan atau kemunduran Islam di dunia
|
40*
|

Komentar