KISI-KISI



DRAF KISI-KISI 
UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL (USBN) 
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI


KURIKULUM 2013



 SEKOLAH MENENGAH ATAS/SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
TAHUN PELAJARAN 2017/2018


KISI-KISI PENULISAN SOAL

Jenis Sekolah                          : SMA/SMK
Mata Pelajaran                        : Pendidikan Agama dan Budi Pekerti
Kurikulum                               : Kurikulum 2013
Alokasi Waktu                        : 120 Menit
Jenis Soal                                : Tes Tertulis
Bentuk Soal                             : PG  Nomor 1 s.d. 40/ Uraian nomor  41 s.d. 45
Tahun Pelajaran                      : 2017/2018

No
Kompetensi Dasar
Bahan/ Kls/Smt
Konten/Materi
Level Kognitif
Idikator Soal
No. Soal
1.

Menganalisis Q.S. al-Hujurat/49: 10 dan 12 serta Hadis tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan), dan persaudaraan (ukhuwah)
X/1
Q.S. al-Hujurat/49: 10 dan 12 serta Hadis tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan), dan persaudaraan (ukhuwah)
Aplikasi
Disajikan kutipan salah satu Q.S. al-Hujurat/49: 10 dan 12 serta Hadis tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan), dan persaudaraan (ukhuwah) yang tidak lengkap, peserta didik dapat melengkapi ayat tersebut.
1
2.
Menganalisis Q.S. al-Isra’/17: 32, dan Q.S. an-Nur 24: 2 serta Hadit tentang larangan pergaulan bebas dan perbuatan zina.
X/2
Q.S. al-Isra’/17: 32, dan Q.S. an-Nur/24: 2, serta hadits tentang larangan pergaulan bebas dan perbuatan zina.
Pemahaman
Disajikan kutipan salah satu Q.S. al-Isra’/17: 32, dan Q.S. an-Nur/24: 2,  ayat Alquran tentang larangan pergaulan bebas dan perbuatan zina, peserta didik dapat mengidentifikasi hukum tajwid pada ayat tersebut.
2
3.
Menganalisis makna Q.S. al-Maidah/5:48; Q.S. an-Nisa/4: 59; dan Q.S. at-Taubah /9: 105 serta Hadits  tentang taat pada aturan, kompetisi dalam kebaikan, dan etos kerja.
XI/1
Q.S. al-Maidah/5:48; Q.S. an-Nisa/4: 59; dan Q.S. at-Taubah /9: 105 serta Hadits tentang taat pada aturan, kompetisi dalam kebaikan, dan etos kerja.
Aplikasi
Disajikan kutipan salah satu Q.S. al-Maidah/5:48; Q.S. an-Nisa/4: 59; dan Q.S. at-Taubah /9: 105 serta Hadits, tentang taat, kompetisi dalam kebaikan, dan etos kerja, peserta didik dapat menterjemahkan teks ayat tersebut.
3
4.
Menganalisis makna Q.S. al-Maidah/5:48; Q.S. an-Nisa/4: 59; dan Q.S. at-Taubah /9: 105 serta Hadis tentang taat pada aturan, kompetisi dalam kebaikan, dan etos kerja.
XI/1
Q.S. al-Maidah/5:48; Q.S. an-Nisa/4: 59; dan Q.S. at-Taubah /9: 105 serta hadits  tentang taat pada aturan, 5kompetisi dalam kebaikan, dan etos kerja.
Penalaran
Disajikan kutipan salah satu Q.S. al-Maidah/5:48; Q.S. an-Nisa/4: 59; dan Q.S. at-Taubah /9: 105 serta Hadits  tentang taat pada aturan  kompetisi dalam kebaikan dan etos kerja, peserta didik dapat menganalisis mufrodat dari ayat tersebut.
4
5.
Menganalisis makna Q.S. Yunus/10: 40-41 dan Q.S. al-Maidah /5: 32, serta hadits tentang toleransi dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan.
XI/2
Q.S. Yunus/10: 40-41 dan Q.S. al-Maidah /5: 32, serta hadits tentang toleransi dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan
Penalaran
Disajikan kutipan salah satu Q.S. Yunus/10: 40-41 dan Q.S. al-Maidah /5: 32, serta hadits, tentang menghindarkan diri dari tindak kekerasan, peserta didik dapat mengevaluasi perilaku yang sesuai dengan ayat tersebut.
5
6.
Menganalisis dan mengevaluasi makna Q.S. Ali Imran/3: 190-191, dan Q.S. Ali Imran/3: 159, serta hadits tentang berpikir kritis dan bersikap demokratis.
XII/1
Q.S. Ali Imran/3: 190-191, dan Q.S. Ali Imran/3: 159, serta hadits tentang berpikir kritis dan bersikap demokratis
Pemahaman
Disajikan kutipan salah satu ayat dari Q.S. Ali Imran/3: 190-191 atau Q.S. Ali Imran/3: 159, peserta didik dapat menentukan makna ayat yang bergaris bawah.
6*


7.
Menganalisis dan mengevaluasi makna Q.S. Ali Imran/3: 190-191, dan Q.S. Ali Imran/3: 159, serta hadis tentang berpikir kritis dan bersikap demokratis.
XII/1
Q.S. Ali Imran: 190-191/3 atau Q.S. Ali Imran : 159/3 tentang berpikir kritis dan bersikap demokratis
Penalaran
Disajikan kutipan salah satu.S. Ali Imran: 190-191/3 atau Q.S. Ali Imran : 159/3  ayat Alquran tentang berfikir kritis dan bersikap demokratis, peserta didik dapat mengidentifikasi hukum bacaan tajwid.
41/Essay
8.
Menganalisis dan mengevaluasi makna Q.S. Ali Imran/3: 190-191, dan Q.S. Ali Imran/3: 159, serta hadits tentang berpikir kritis dan bersikap demokratis.
XII/1
Q.S. Ali Imran/3: 190-191, dan Q.S. Ali Imran/3: 159, serta hadits tentang berpikir kritis dan bersikap demokratis.
Aplikasi
Disajikan ayat Alqur’an Q.S. Ali Imran/3: 190-191, dan Q.S. Ali Imran/3: 159, serta hadits tentang berpikir kritis dan bersikap demokrastis, peserta didik dapat menyimpulkan isi kandungan ayat tersebut.
7
9.
Menganalisis dan mengevaluasi makna Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. al-Baqarah/2: 83, serta Hadis tentang kewajiban beribadah dan bersyukur kepada Allah serta berbuat baik kepada sesama manusia.
XII/2
Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. al-Baqarah/2: 83, serta Hadis tentang kewajiban beribadah dan bersyukur kepada Allah serta berbuat baik kepada sesama manusia.
Penalaran
Disajikan kutipan salah satu Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. al-Baqarah/2: 83, serta Hadis, tentang kewajiban beribadah  dan bersyukur  dan berbuat baik (Ihsan), peserta didik dapat menemukan hukum  bacaan tajwid.

8
10
Menganalisis dan mengevaluasi makna Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. al-Baqarah/2: 83, serta Hadis tentang kewajiban beribadah dan bersyukur kepada Allah serta berbuat baik kepada sesama manusia.
XII/2
Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. al-Baqarah/2: 83, serta Hadis tentang kewajiban beribadah dan bersyukur kepada Allah serta berbuat baik kepada sesama manusia.
Penalaran
Disajikan salah satu dari  Q.S. Luqman: 13-14 atau Q.S. al-Baqarah: 83, serta hadis tentang kewajiban beribadah dan bersyukur kepada Allah serta berbuat baik kepada sesama manusia, peserta didik dapat menyimpulkan isi kandungan ayat dan hadis tersebut
9*

11
Menganalisis dan mengevaluasi makna Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. al-Baqarah/2: 83, serta Hadis tentang kewajiban beribadah dan bersyukur kepada Allah serta berbuat baik kepada sesama manusia.
XII/2
Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. al-Baqarah/2: 83, serta Hadis tentang kewajiban beribadah dan bersyukur kepada Allah serta berbuat baik kepada sesama manusia.
Aplikasi
Disajikan kutipan salah satu Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. al-Baqarah/2: 83, serta Hadis  tentang kewajiban beribadah dan bersyukur kepada Allah serta berbuat baik kepada sesama manusia. perbuatan zina, peserta didik dapat memberi contoh prilaku  pada ayat tersebut.
10
12

Menganalisis makna al-Asma’u  al-Husna: al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir
X/1
Asmaul Husna: al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir
Penalaran
Disajikan narasi tentang sifat Allah yang berkaitan dengan al-Kariim, al-Mu’min, al-Wakiil, al-Matiin, al-Jaami’, al-‘Adl, dan al-Akhiir, peserta didik dapat menganalisis makna dari sifat Allah Swt dalam Asma’ul Husna tersebut.
42/Essay
13
Menganalisis makna beriman kepada malaikat-malaikat Allah Swt.
X/2
Iman Kepada Malaikat-Malaikat Allah Swt.
Aplikasi
Disajikan contoh kasus tentang kehidupan di masyarakat zaman sekarang, peserta didik dapat memberi  contoh perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap malaikat malaikat Allah Swt
11
14
Menganalisis makna iman kepada kitab-kitab Allah Swt.
XI/1
Iman kepada Kitab-Kitab Allah Swt.
Aplikasi
Disajikan narasi tentang kitab-kitab Allah Swt., peserta didik dapat menentukan perilaku yang mencerminkan keimanan kepada kitab-kitab-Nya.
12*

15
Menganalisis makna iman kepada kitab-kitab Allah Swt.
XI/1
Iman kepada Kitab-Kitab Allah Swt.
Aplikasi
Disajikan contoh kasus tentang kehidupan di masyarakat, peserta didik dapat menujukan contoh perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap Kitab-kitab Allah Swt. 
13
16.
Menganalisis makna iman kepada rasul-rasul Allah Swt.
XI/2
Iman kepada Rasul-Rasul Allah Swt.
Penalaran
Disajikan kisah singkat rasul Allah Swt, peserta didik dapat menemukan hikmah beriman kepada Rasul-rasul Allah
14
17.
Menganalisis dan mengevaluasi makna iman kepada hari akhir
XII/1
Iman kepada Hari Akhir
Pemahaman
Disajikan ilustrasi peristiwa hari akhir, peserta didik dapat menentukan contoh perilaku beriman kepada hari akhir dalam kehidupan sehari-hari.
15*

18.
Menganalisis dan mengevaluasi makna iman kepada hari akhir
XII/1
Iman kepada Hari Akhir
Aplikasi
Disajikan wacana  tentang perilaku manusia dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat memberi contoh  tanda- tanda beriman kepada hari akhir.
16
19.
Menganalisis dan mengevaluasi makna iman kepada qadha dan qadar

XII/2
Iman kepada Qadha dan Qadar.
Aplikasi
Disajikan ilustrasi tentang kehidupan seseorang, peserta didik dapat memberi  contoh sikap menerima takdir Allah Swt.
17
20.
Menganalisis dan mengevaluasi makna iman kepada qadha dan qadar

XII/2
Iman kepada Qadha dan Qadar.
Penalaran
Disajikan wacana tentang kehidupan seseorang, peserta didik dapat menyimpulkan hikmah Iman kepada Qadha dan Qodar.
18
21.
Menganalisis ketentuan berpakaian sesuai syariat Islam
X/1
ketentuan berpakaian sesuai syariat Islam
Penalaran
Disajikan ilustrasi budaya remaja dalam berpakaian, peserta didik dapat memprediksi dampak yang ditimbulkan dari budaya berpakaian
19*

22.
Menganalisis manfaat kejujuran dalam kehidupan sehari-hari
X/2
manfaat kejujuran dalam kehidupan sehari-hari
Penalaran
Disajikan ilustrasi tentang penerapan kejujuran, peserta didik dapat menyimpulkan manfaat kejujuran dalam kehidupan sehari-hari.
20
23.
Menganalisis makna Syaja’ah (berani membela kebenaran) dalam kehidupan sehari-hari
XI/1
Makna Syaja’ah (berani membela kebenaran) dalam kehidupan sehari-hari
Pemahaman
Disajikan ilustrasi sebuah cerita, peserta didik dapat mengidentifikasi makna Syaja’ah dalam kehidupan sehari-hari.
21
24.
Menganalisis perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru

XI/2
Hormat dan patuh kepada orang tua dan guru
Aplikasi
Disajikan ilustrasi dua cerita, peserta didik dapat membandingkan perilaku yang benar terkait hormat dan patuh kepada orang tua.
43/Essay
25.
Menganalisis dan mengevaluasi perilaku kerja keras dan bertanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari yang berkembang di masyarakat

XII/1
Perilaku kerja keras dan bertanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari yang berkembang di masyarakat
Pemahaman
Disajikan deskripsi beberapa pernyataan, peserta didik dapat mengidentifikasi perilaku kerja keras dan bertanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari yang berkembang di masyarakat.
22
26.
Menganalisis dan mengevaluasi perilaku kerja keras dan bertanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari yang berkembang di masyarakat

XII/1
Perilaku kerja keras dan bertanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari yang berkembang di masyarakat
Aplikasi
Disajikan deskripsi tentang kinerja seseorang, peserta didik dapat menentukan perilaku kerja keras dan bertanggung jawab dalam kehidupan
23*

27.
Menganalisis dan mengevaluasi perilaku kerja keras dan bertanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari yang berkembang di masyarakat

XII/1
Perilaku kerja keras dan bertanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari yang berkembang di masyarakat
Penalaran
Disajikan deskripsi beberapa pernyataan, peserta didik dapat menganalisis perilaku kerja keras dan bertanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari yang berkembang di masyarakat.
24
28.
Menganalisis dan mengevaluasi perilaku kerja keras dan bertanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari yang berkembang di masyarakat

XII/1
Perilaku kerja keras dan bertanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari yang berkembang di masyarakat
Penalaran
Disajikan deskripsi beberapa pernyataan, peserta didik dapat menyimpulkan perilaku kerja keras dan bertanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari yang berkembang di masyarakat.
25
29.

Menganalisis kedudukan al-Quran, Hadis, dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam

X/1
Kedudukan al-Quran, Hadis, dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam
Penalaran
Disajikan ilustrasi yang sesuai, peserta didik dapat menyimpulkan kedudukan al-Quran, Hadis, dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam.
26
30.
Menganalisis hikmah ibadah haji, zakat, dan wakaf bagi individu dan masyarakat
X/2
Haji, zakat, dan wakaf.

Aplikasi
Disajikan deskripsi tentang salah satu dari haji, zakat, atau wakaf, peserta didik dapat menjelaskan prilaku yang mencerminkan hikmah  ibadah haji, zakat, atau wakaf dalam kehidupan
27*

31.
Menganalisis pelaksanaan  penyelenggaraan jenazah

XI/1

Penyelenggaraan jenazah

Aplikasi
Disajikan deskripsi tentang  jenazah, peserta didik dapat membandingkan pelaksanaan penyelenggaraan jenazah menurut beberapa madzhab.
28
32.
Menganalisis pelaksanaan khutbah, tabligh, dan dakwah
XI/1
Khutbah, tabligh, dan dakwah
Penalaran
Disajikan beberapa pernyataan, peserta didik dapat menyimpulkan persamaan dan perbedaan khutbah, tabligh, dan dakwah.
29
33.
Menelaah prinsip-prinsip dan praktik ekonomi dalam Islam

XI/2
Prinsip-prinsip dan praktik ekonomi Islam

Aplikasi
Disajikan beberapa pernyataan peserta didik dapat membandingkan  prinsip-prinsip dan praktik ekonomi dalam Islam dengan konsep ekonomi liberal.
30
34.
Menelaah prinsip-prinsip dan praktik ekonomi dalam Islam

XI/2
Prinsip-prinsip dan praktik ekonomi Islam

Penalaran
Disajikan ilustrasi transaksi jual beli online, peserta didik dapat menganalisis transaksi yang sesuai dengan syari’at Islam
31*
35.
Menganalisis dan mengevaluasi ketentuan pernikahan dalam Islam

XII/1
Ketentuan pernikahan dalam Islam
Pemahaman
Disajikan ilustrasi tentang kondisi seseorang dalam perkawinan, peserta didik dapat mengidentifikasi hukum nikah.
32
36.
Menganalisis dan mengevaluasi ketentuan pernikahan dalam Islam

XII/1
Ketentuan pernikahan dalam Islam
Penalaran
Disajikan silsilah suatu keluarga, peserta didik dapat menganalisis wali  pada akad nikah dalam keluarga tersebut.
33
37.
Menganalisis dan mengevaluasi ketentuan pernikahan dalam Islam
XII/1
Ketentuan pernikahan dalam Islam
Aplikasi
Disajikan beberapa tata cara akad nikah secara Islami peserta didik dapat menerapkan akad nikah secara benar.
34
38.
Menganalisis dan mengevaluasi keten­tuan waris dalam Islam.
XII/2
Ketentuan waris dalam Islam
Aplikasi
Disajikan narasi tentang ahli waris, peserta didik dapat menentukan bagian ahli waris.
44/
Essay*

39.
Menganalisis dan mengevaluasi keten­tuan waris dalam Islam.
XII/2
Ketentuan waris dalam Islam
Penalaran
Disajikan beberapa contoh kasus mawaris, peserta didik dapat menganalisis ketentuan waris dalam Islam.
35
40.
Menganalisis substansi, strategi, dan penyebab keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw. di Madinah
X/2
substansi, strategi, dan penyebab keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw. di Madinah

Pemahaman
Ditampilkan beberapakisah sejarah, peserta didik mengidentifikasi  substansi, strategi, dan penyebab keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw. di Madinah

36
41.
Menelaah perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan
XI/1
Perkembangan  peradaban Islam pada masa kejayaan
Penalaran
Disajikan ilustrasi perkembangan Islam pada masa kejayaan, peserta didik dapat menyimpulkan sebab-sebab kemajuan peradaban Islam pada masa kejayaan.
45/Essay
42.
Menelaah perkembangan Islam pada masa modern
(1800- sekarang)
XI/2
Perkembangan Islam pada masa modern (1800- sekarang)

Aplikasi
Disajikan tabel tentang nama-nama tokoh muslim dan karyanya pada masa modern,  peserta didik dapat menghubungkan hasil karya tokoh tersebut dalam kehidupan sehari-hari. 
37*

43.
Menganalisis dan mengevaluasi strategi dakwah dan perkembangan Islam di Indonesia
XII/1
Strategi dakwah dan perkembangan Islam di Indonesia
Penalaran
Disajikan ilustrasi perjuangan para tokoh Islam Indonesia, peserta didik dapat menganalisis dengan benar strategi yang diterapkan oleh tokoh-tokoh tersebut.
38
44.
Menganalisis dan mengevaluasi sejarah perkembangan Islam di Indonesia
XII/1
Sejarah perkembangan Islam di Indonesia
Aplikasi
Ditampilkan beberapa profil tokoh, peserta didik dapat membandingkan garis perjuangan tokoh-tokoh tersebut.
39
45.
Menganalisis dan mengevaluasi faktor-faktor kemajuan dan kemunduran
peradaban Islam di dunia
XII/2
Faktor-faktor kemajuan dan kemunduran Islam di dunia

Penalaran
Disajikan narasi tentang kemajuan atau kemunduran Islam di dunia, peserta didik dapat menyimpulkan faktor-faktor kemajuan atau kemunduran Islam di dunia
40*





Komentar

Postingan Populer