Media Kartu Huruf
Media Kartu Huruf
Kartu huruf merupakan media yang termasuk pada jenis media grafis
atau media dua dimensi, yaitu media yang mempunyai ukuran panjang dan lebar.
Menurut Wibawa (Ratnasari, 2003:16) kartu huruf biasanya berisi huruf-huruf,
gambar atau kombinasinya dan dapat digunakan untuk mengembangkan perbendaharaan
kata dalam pelajaran bahasa pada umumnya dan bahasa asing khususnya.
Arsyad (2011:121) menjelaskan bahwa
kartu huruf adalah kartu kecil yang berisi gambar-gambar, teks atau simbol yang
mengingatkan atau menuntun Anak kepada sesuatu yang berhubungan dengan gambar
itu, dapat digunakan untuk melatih anak dalam mengeja dan memperkaya kosakata.
Kartu huruf biasanya berukuran 8 x 12 cm, atau dapat disesuaikan dengan besar
kecilnya kelas yang dihadapi.
Kartu
huruf merupakan
kartu yang berisi gambar, teks atau tanda simbol yang mengingatkan atau
menuntun anak kepada sesuatu yang berhubungan dengan gambar tersebut. Kartu huruf juga berupa
kartu gambar yang memiliki dua sisi, sisi yang satu menampilkan gambar obyek
dan sisi yang lain menampilkan kata yang menerangkan objek.
Kartu
huruf merupakan abjad-abjad yang dituliskan pada potongan-potongan suatu media
baik karton, kertas maupun papan tulis atau tripleks. Potongan-potongan kartu
huruf tersebut dapat dipindah-pindahkan sesuai keinginan pembuat suku kata,
kata maupun kalimat. Penggunaan kartu huruf ini sangat menarik perhatian anak
dan sangat mudah digunakan dalam pembelajaran membaca. Selain itu kartu huruf
juga melatih kreatif anak dalam menyusun kata-kata sesuai dengan keinginannya.
Perlu
diketahui bahwa dunia Pendidikan pada anak usia dini memiliki prinsip belajar
sambil bermain sehingga dapat menimbulkan kreativitas pada anak. Prinsip inilah
yang perlu ditanamkan pada anak usia dini. Atas dasar itu materi atau kegiatan
bermain sambil belajar di TK harus disusun dengan tepat sesuai dengan tingkat
perkembangan anak. Materi atau kegiatan ini harus disiapkan secara matang,
terperinci dan jelas. Bermain sambil belajar pada anak sangat cocok untuk dilaksanakan
oleh semua guru sebab pendidikan di TK baru bersifat pengenalan, antara lain
pengenalan angka dan huruf. Salah satu metode yang dijadikan sebagai media
pembelajaran dalam mengenalkan angka dan huruf di taman pendidikan anak usia
dini adalah permainan kartu huruf.
Kartu gambar tersebut disimpan dalam satu kotak yang menunjukkan jumlah kartu dari sebuah kelompok gambar.
Kelompok gambar menunjukkan tema gambar (binatang, sayuran, buah-buahan,
bagian-bagian tubuh, nama bilangan, nama kendaraan).
Kartu
huruf bertujuan
untuk memperbaiki dan meningkatkan kemampuan membaca anak usia. Bagi guru, media ini bertujuan untuk
mempermudah dalam mengkondisikan situasi belajar. Keterlibatan anak secara
aplikatif dengan bantuan guru yang proaktif akan menciptakan kondisi belajar
mengajar yang efektif dan efisien. Guru bertindak sebagai fasilitator dalam kegiatan
pembelajaran yang dilaksanakan.
Media kartu
huruf mempunyai
kegunaan sebagai berikut.
- Untuk
memperjelas penyajian pesan agar tidak terlalu bersifat verbalistis;
- Mengatasi
keterbatasan ruang, waktu dan daya indera;
- Menimbulkan
kegairahan belajar;
- Memungkinkan
interaksi yang lebih langsung antara anak didik dengan lingkungan dan
kenyataan;
- Memungkinkan
anak didik belajar sendiri-sendiri menurut kemampuan dan minatnya.
Kartu
huruf memiliki peran
dalam membantu memudahkan anak dalam pembelajaran kosakata bahasa Indonesia dan
kemampuan membaca. Pemilihan gambar-gambar pada kartu huruf dalam pembelajaran
pun harus memperlihatkan sasaran yang harus disesuaikan dengan pertumbuhan dan
perkembangan anak.
Kartu huruf yang
diperlihatkan kepada anak diharapkan dapat meningkatkan kemampuan berbahasa,
menimbulkan sikap aktif dan dapat berkomunikasi di lingkungannya. Media kartu huruf tergolong dalam media berbasis visual
yang memegang peranan penting dalam proses belajar.
Arsyad (2000:89) mengemukakan bahwa “Media visual dapat memperlancar
pemahaman dan memperkuat ingatan. Media visual dapat pula menumbuhkan minat
anak dan dapat memberikan hubungan antara isi pelajaran dengan dunia nyata.” Kartu huruf merupakan salah satu
media pembelajaran yang dapat terlihat secara visual sehingga anak akan
tertarik untuk mengikuti kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan.
Komentar